TNI KUNJUNGI TKW INDONESIA DI SURIAH

Beirut, 8 Jumadil Akhir 1434/17 April 2013 (MINA) – Wadan Satgas Indobatt XXIII-G/UNIFIL Mayor Inf Pio L. Nainggolan beberapa hari yang lalu mengunjungi para Tenaga Kerja Wanita (TKW) Indonesia yang bekerja di Suriah, yang kini sedang mengungsi di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Libanon.

Akibat konflik  yang terjadi di Suriah, mengakibatkan banyak TKW Indonesia yang bekerja di Suriah harus menyelamatkan diri, seperti dilansir situs resmi TNI dan dikutip Mi’raj News Agency (MINA).

Salah satu tempat yang dijadikan pelarian para TKW adalah ke negara Lebanon, yang untuk sementara waktu mereka ditampung di Kedubes RI untuk Lebanon, selanjutnya menunggu jadwal pemulangannya ke Indonesia.

Selain mengunjungi para TKW tersebut, Nainggolan juga melakukan silaturahmi dengan Dubes RI untuk Lebanon Dimas Samodra Rum.

Nainggolan datang dengan beberapa Perwira Staf dan Tim Medis Indobatt selepas mengantar prajurit Indobatt ke Bandara Beirut, yang akan melaksanakan cuti di gelombang kedua.

Rombongan hadir untuk  memberi dukungan moril dan membangkitkan lagi mental para TKW yang sempat terpuruk akibat gejolak yang terjadi di negara tempat mereka mengadu nasib.

Tidak hanya itu, tenaga medis pun diterjunkan untuk membantu memeriksa kesehatan para TKW, di bawah kendali Dokter Battalion Konga XXIII-G/UNIFIL Lettu Ckm Firman.

Tercatat sedikitnya 119 TKW mengalami Inspeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dan membutuhkan perawatan yang khusus. Sebagian besar gangguan pernafasan tersebut disebabkan akibat banyaknya para TKW yang mengalami stress serta pengungsi yang melebihi kapasitas, menyebabkan lingkungan yang kurang sehat.

Di tempat yang sama pula, beberapa Wan TNI juga memberikan perannya berupa memberikan semangat serta berusaha menghibur, demi mengembalikan mental para TKW yang mengalami keterpurukan akibat trauma yang dialaminya.

Rencananya para TKW akan dipulangkan secara bertahap dan diharapkan seluruhnya bisa kembali berkumpul bersama keluarganya masing-masing. (T/P09/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Rate this article!

Leave a Reply