UGANDA TANGGUHKAN BURU PIMPINAN GERILYAWAN LRA

Kampala, 23 Jumadil Awal 1434/4 April 2013 (MINA) – Juru Bicara militer Uganda Felix Kulayigye mengatakan, Rabu (3/4), Uganda menangguhkan perburuan pemimpin gerakan perlawanan Lord’s Resistance Army (LRA),  Joseph Kony di Republik Afrika Tengah (CAR), setelah Koalisi Seleka mengambil alih Bangui, seperti yang dilansir Modern Ghana dan dipantau MINA.

“Kami menghentikan sementara operasi terhadap LRA sampai pemberitahuan lebih lanjut,” kata juru Kulayigye. “Kami tidak menarik tentara kami keluar dari CAR, tetapi mereka berkumpul di pangkalan kami.”

Koalisi Seleka merebut Bangui, ibukota CAR, bulan lalu dan menggulingkan Presiden Francois Bozize.

Uganda memiliki lebih dari seribu tentara yang mencari pejuang LRA di hutan CAR Timur yang jarang penduduknya. Operasi mereka ada di bawah naungan Uni Afrika (AU).

Kulayigye mengatakan bahwa AU tidak mengakui kekuasaan Seleka di CAR. Terkait kudeta itu, tentara Uganda tidak bisa terus beroperasi.

Pemimpin gerilyawan LRA  diyakini bersembunyi di daerah terpencil dekat perbatasan antara CAR, Sudan dan Sudan Selatan.

Kony terkenal dengan korban mutilasi dan penculikan anak yang digunakan sebagai pejuang dan budak seks. LRA melancarkan pemberontakan melawan pemerintah Uganda selama lebih dari 25 tahun.

Kelompok ini sekarang diperkirakan berjumlah ratusan pejuang.(T/P09/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply