UI ADAKAN KONSER PEDULI PALESTINA

 

“Festifal Timur Tengah”, Sabtu (20/4) Jakarta. Foto: Mi’raj News Agency (MINA)

Jakarta, 11 Jumadil Akhir 1434/21 April 2013 (MINA) – Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan acara konser musik dimana dananya disalurkan untuk membantu perjuangan rakyat Palestina.

Konser musik tersebut merupakan puncak acara dari “Festival Timur Tengah 2013” yang diselenggarakan pada 16 – 20 April 2013.

“Rakyat Indonesia sangat perlu untuk membantu perjuangan rakyat Palestina yang saat ini dijajah oleh Israel. Kalau kita belum bisa membantu secara fisik, mungkin kita bisa membantu dengan menyediakan dana dan fasilitas kesehatan kepada mereka,” kata Yogi Reinaldi selaku ketua panitia “Festival Timur Tengah 2013” di Jakarta, Sabtu (20/4).

Kepada wartawan Mi’raj News Agency (MINA), Yogi mengatakan, Festival Timur Tengah itu sudah diadakan di UI selama empat kali sejak 2009.

Festival Timur Tengah 2013 adalah Festival Timur Tengah keempat yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM), Ikatan Keluarga Asia Barat (IKABA) selaku Himpunan Mahasiswa Jurusan Program Studi Arab Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UI.

Menutut Yogi, tujuan utama dari acara konser musik yang bertemakan “Pesona Negeri 1001 Malam” itu untuk menghimpun dana yang selanjutnya akan disalurkan melalui Medical Emergency Rescue Commette (MER-C) yang saat ini sedang membangun Rumah Sakit Indonesia di wilayah Bayt Lahiya, Gaza Utara, Palestina.

“MER-C mempunyai proyek pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Gaza. Kami sangat mendukung sekali program tersebut, kemudian kami berinisiatif menyumbangkan beberapa persen dari penjualan tiket untuk membantu pembangunan Rumah Sakit persembahan rakyat Indonesia di Jalur Gaza,” ujarnya.

Selanjutnya, mahasiswa semester enam berasal dari Bandar Lampung itu berharap dengan adanya acara Festival Timur Tengah tersebut bisa menjadikan inspirasi semangat peradaban untuk Indonesia. Dimana peradaban arab yang sangat dekat dengan peradaban Islam itu juga sangat menginspirasi peradaban-peradaban dunia diantaranya peradaban Eropa, peradaban Persia, peradaban Melayu, dan peradaban Cina selama 14 abad lamanya.

“Dan kita sebagai manusia yang berbudaya dan beradab sebisa mungkin kita mengambil semangat peradaban itu yaitu dari Timur-Tengah,” tegas Yogi.

Lembaga-lembaga baik luar maupun dalam negeri sangat mengapresiasi acara tersebut. Lembaga-lembaga yang mendukung Festival Timur Tengah 2013 antara lain, Kedutaan Besar Arab Saudi, kedutaan Besar Yaman, kedutaan Besar Irak, Kedutaan Besar Uni Emirat Arab, kedutaan Besar Maroko, Kementerian Agama, Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (L/P04/P015/P02)

Mi’raj News Agency (MINA)

Rate this article!

Leave a Reply