ULAMA GHANA : PENTINGNYA PERSATUAN UMAT ISLAM DUNIA

Accra, Ghana, 12 Jumadil Akhir 1434/22 April 2013 (MINA) – Ulama Ghana juga menjadi Imam Masjid Heba dan Galadina di Accra, Tawfick Jamal Baba mengatakan, umat Islam seharusnya tahu pentingnya mempersatukan umat Islam di seluruh dunia, Ghana National and International News melaporkan, Ahad (21/4).

”Umat Islam seharusnya tahu nilai-nilai dan pentingnya mempersatukan umat Islam di seluruh dunia, karena itulah Islam berdiri,” kata Baba dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wa Salam bertema ‘Pemuda Muslim dan Tantangan Umat Abad 21’.

Menurut Baba, dengan mengutip ayat Al-Qur’an Surat Ali Imran ayat 103, umat Islam seharusnya bersatu. Namun, seiring hari berlalu, umat Islam semakin berpecah belah.

“Sebagian besar didasarkan pada etnis, pembagian wilayah, dan di atas semua keyakinan sektarian atas nama Islam. Hal ini tidak beralasan dan sangat tidak dapat diterima dalam Islam,” kata Baba.

Dia menjelaskan, cendekiawan Muslim masa lalu seperti Imam Muslim, Imam Bukhari, Imam Tirmidzi, dan banyak Imam lainnya serta cendekiawan Islam non-Arab sepeninggalan Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wa Salam, tidak satupun dari mereka melakukan diskriminasi satu sama lain.

Baba menyarankan umat Islam dunia khususnya di negara itu menghentikan tindakan mengutuk satu sama lain dengan dalih demi perdamaian. Dia mengatakan, setiap Muslim memiliki hak untuk bergabung dengan kelompok dalam Islam, karena Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wa Salam menubuatkan, sebelum akhir zaman, Islam akan terpecah menjadi 73 kelompok.

Perayaan kelahiran Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wa Salam tersebut diadakan oleh Muslim Alajo Utara dan Kotobabi, Accra Tengah, Ghana. Perayaan tersebut dibawah lindungan Sheikh Ali Akweteiman yang mewakili Ketua Imam Nasional, Syeikh Osman Nuhu Sharubutu yang sedang keluar negeri. (T/P09/P02)

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply