WARGA AMERIKA DEMO ANTI DRONE

California, 28 Jumadil Awal / 8 April 2013 (MINA) – Di negara bagian California dan Illinois, warga Amerika telah turun ke jalan sebagai protes terhadap penggunaan pesawat tanpa awak (drone).

Demonstran anti-pesawat tak berawak yang dipimpin oleh CodePink berkumpul di pusat kota San Diego, pada Ahad.

“San Diego adalah titik nol untuk produksi senjata-senjata mematikan yang membunuh orang tak bersalah dan membuat AS dibenci di seluruh dunia,” kata co-founder CodePink Medea Benjamin.

Seperti dilansir oleh Press Tv dan dipantau MINA, pengunjuk rasa membawa poster bertuliskan, “Buatan lokal, membunuh global” dan “Drone membunuh anak-anak.”

Di San Diego, lebih dari 7.100 orang dilaporkan terlibat pada produksi pesawat  tak berawak, termasuk di General Atomics dan Northrop Grumman.

Protes itu terjadi sehari setelah demonstran berkumpul di depan La Jolla, rumah kepala General Atomics, Neal Blue. Demikian pula di Chicago, aktivis anti-perang menggelar protes di markas Boeing, Jumat.

“Drone digunakan dalam pelanggaran hukum internasional. Mereka melakukan teror massal di Pakistan, di mana menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Stanford, ada setidaknya 2.500 sampai 3.500 kematian,” kata aktivis anti-perang Joe Iosbaker.

Para aktivis juga memprotes penggunaan drone surveilans di AS. Bulan lalu, anggota parlemen AS lokal di negara-negara seperti Arizona, Montana, dan Idaho ditekan untuk memberlakukan undang-undang yang akan melarang penggunaan apa yang disebut drone surveilans.

Washington menggunakan drone di beberapa negara termasuk Pakistan dan Yaman, mereka mengklaim bahwa mereka menargetkan “teroris.” Namun menurut saksi, serangan sebagian besar telah menyebabkan korban sipil berjatuhan. (T/P05/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Rate this article!

Leave a Reply