BAN KI-MOON PERINGATKAN NETANYAHU ATAS PELANGGARAN AL-QUDS

New York, 8 Rajab 1434/18 Mei 2013 (MINA) – Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-Moon menelepon Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu setelah tuntutan yang dibuat oleh perwakilan Mesir di PBB memintanya untuk menghentikan pelanggaran Israel terhadap Masjid Al-Aqsa karena dapat menghalangi upaya perdamaian.

Perwakilan Mesir di PBB, Motaz Khalil, bergabung bersama perwakilan dari Libya, Lebanon, Palestina, dan Wakil Sekretaris Jenderal PBB, Yan Eliasson, dengan dipimpin Ban Ki-Moon menelepon Netanyahu, Jum’at (17/5).

Mereka juga meminta departemen PBB yang lainnya memikul tanggung jawab mereka mengenai pelanggaran Israel di kota Al-Quds (Yerusalem), termasuk invasi pemukim Yahudi dan serangan terhadap tempat-tempat ibadah umat Islam dan Kristen. Mereka menyerukan Ban Ki-Moon untuk segera mengambil tindakan.

Di hadapan duta besar Mesir, Khalil mengatakan bahwa delegasi Arab Troika di Dewan Keamanan PBB bertemu Kodjo Menan, kepala Dewan Keamanan PBB pada bulan ini. Mereka membahas pelanggaran Israel di Al-Quds menuntut agar bersama memikul tanggung jawabnya dalam hal itu. 

“Mereka membahas masalah yang sama dengan kepala Majelis Umum PBB,” kata Khalil , sebagaimana dilansir MEMO yang dipantau MINA.

Dia juga mengatakan, Mesir bersemangat menindaklanjuti perkembangan di kota Al-Quds dan tanah yang diduduki Israel di Palestina. 

Misi Mesir di PBB saat ini sedang terus-menerus melakukan kontak dengan Arab Troika dalam organisasi internasional untuk mengambil tindakan yang diperlukan dalam situasi yang semakin buruk di kota Al-Quds. (T/P08/P02)

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply