BRASIL SIAP BANTU AKHIRI KRISIS SURIAH

Brasilia, 3 Rajab 1434/11 Mei 2013 (MINA) – Brasil siap berkontribusi untuk membantu menemukan solusi terhadap krisis di Suriah yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

Menteri Luar Negeri Brasil, Antonio Patriota mengatakan bahwa Brasilia telah lama mendukung solusi yang dirundingkan untuk akhiri krisis Suriah.

“Kami bersedia untuk memberikan kontribusi dan mendukung upaya ini,” kata Patriota.

Patriota membuat pernyataan setelah Rusia dan Amerika Serikat sepakat pada 7 Mei lalu untuk mendorong pemerintah Suriah dan oposisi dalam menemukan solusi politik untuk Suriah.

Moskow dan Washington juga telah sepakat mengadakan konferensi perdamaian internasional lain di Suriah, menyusul pertemuan di Jenewa pada Juni 2012.

Menteri luar negeri Inggris dan Menlu AS serta beberapa Negara termasuk China, Rusia, Perancis, bertemu di Jenewa pada 30 Juni 2012 untuk membahas dan mengusulkan sebuah resolusi untuk krisis di Suriah dengan kesepakatan bersama.

Patriota mengatakan Brazil menyambut adanya konferensi internasional di Suriah, menurut laporan Press Tv, Jumat (10/5).

Sementara itu Rusia dan Mesir menyatakan juga atas dukungannya terhadap perdamaian di Suriah berkaitan dengan gencatan senjata.  “Rusia dan Mesir mendukung gencatan senjata dan negoisasi damai antara pemerintah dan oposisi,” ungkap Presiden Rusia, Vladimir Putin setelah bertemu dengan Presiden Mesir, Muhamad Mursi di Sochi pada April lalu.

Suriah telah mengalami kerusuhan sejak Maret 2011 dan mengakibatkan banyak orang telah tewas selama konflik tersebut.

Wakil untuk Urusan Kemanusiaan dan Koordinator Bantuan PBB, Valerie Amos, dan Komisaris Tinggi untuk Pengungsi, Antonio Guterres, pada 18 April lalu mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB, seperempat dari 22 juta warga Suriah terlantar di dalam negeri dan sekitar 1,3 juta lainnya telah melarikan diri mencari perlindungan ke luar negeri. (T/P013/P01).

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply