CINA DESAK PERUNDINGAN DAMAI PALESTINA-ISRAEL SEGERA DILANJUTKAN

Beijing, 28 Jumadil Akhir 1434/7 Mei 2013 (MINA) – Cina menegaskan kembali seruannya untuk melanjutkan perundingan perdamaian antara Palestina dan Israel, Selasa (7/5), seperti yang dilaporkan Kantor Berita Cina, Xinhua.

“Negosiasi harus diambil sebagai satu-satunya cara untuk perdamaian antara Palestina dan Israel,” kata Juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina, Hua Chunying, mengutip pernyataan Presiden Xi Jinping.

Pada Senin, Xi mengusulkan empat poin yang harus ditempuh untuk menyelesaikan persoalan Palestina ketika berbicara dengan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas.

“Prioritas saat ini adalah mengambil langkah yang bisa dipertanggung jawabkan untuk menghentikan kegiatan pembangunan permukiman, kekerasan terhadap warga sipil tak berdosa dan mencabut blokade di Gaza dalam rangka menciptakan kondisi yang diperlukan untuk dimulainya kembali pembicaraan perdamaian,” kata Hua menanggapi pertanyaan tentang usulan Xi.

Hua mengatakan, Cina selalu tegas menentang pembangunan permukiman Israel di wilayah Palestina yang diduduki oleh Israel, termasuk Tepi Barat, Lembah Yordan dan Yerusalem Timur.

“Kami selalu mendesak pihak Israel untuk membuat langkah-langkah besar untuk menghilangkan penghalang pembicaraan damai dan menciptakan kondisi yang diperlukan untuk membangun kembali rasa saling percaya dan memulai kembali pembicaraan damai antara Palestina dan Israel,” kata juru bicara itu.(T/P014/P01).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply