DENMARK-FINLANDIA AKAN TINGKATKAN STATUS DIPLOMATIK PALESTINA

Kopenhagen, 25 Jumadil Akhir 1434/5 Mei 2013 (MINA) – Denmark dan Finlandia berencana meningkatkan status kantor perwakilan Palestina masing-masing di Kopenhagen dan Helsinki dengan sebuah kedutaan, kementerian luar negeri Denmark mengatakan Sabtu.

“Dengan kepuasan kami mengumumkan niat kita bersama untuk bekerja dengan Palestina guna meningkatkan status Palestina di Kopenhagen dan Helsinki,” para menteri luar negeri Finlandia dan Denmark, Villy Soevndal dan Erkki Tuomioja, mengatakan dalam sebuah pernyataan bersama, seperti laporan Ma’an News yang dikutip Mi’raj News Agency (MINA), Sabtu (5/5).

Perubahan tersebut diharapkan dapat dilaksanakan sekitar tahun 2013, katanya.

“Langkah ini tidak memerlukan pengakuan bilateral formal sebuah negara Palestina berdaulat oleh Denmark dan Finlandia,” kata pernyataan itu.

“Palestina dalam fase pembangunan negara, dan masih ada banyak tantangan untuk Presiden (Mahmoud) Abbas untuk menangani sebelum kita dapat mengenali Palestina secara resmi sebagai sebuah negara,” katanya.

“Tetapi penting untuk tetap fokus pada tujuan Palestina menjadi negara sepenuhnya diakui dan sebagai klaim tempat yang selayaknya menjadi bagian dari masyarakat negara internasional.”

November lalu, Denmark dan Finlandia mendukung sebuah resolusi yang mengakui Palestina sebagai negara pengamat di PBB.

Menteri Luar Palestina Negeri Riyad al-Malki memuji, “Kami yakin dengan keputusan Google menggunakan nama ‘Palestina’ bukan ‘Otoritas Palestina’ dan setelah diakui sebagai negara pengamat di PBB membawa kita ke arah yang benar,” katanya kepada Ma’an.

Tetangga parlemen Swedia pada Maret memilih untuk meningkatkan status Palestina di Stockholm dengan sebuah kedutaan.

Mayoritas negara-negara Eropa telah melakukan hal yang sama. (T/P06/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

 

 

Leave a Reply