EKUADOR AKAN BUKA PERWAKILAN DIPLOMATIK DI PALESTINA

 Quito, 17 Rajab 1434/27 Mei 2013 (MINA) – Ekuador telah memutuskan membuka perwakilan diplomatik di Palestina setelah lebih dari dua tahun negara Amerika Selatan tersebut mengakui Palestina sebagai negara merdeka.

Quito mengumumkan rencana tersebut pada Ahad (26/5), sehari setelah pertemuan antara Menteri Luar Negeri Ekuador Ricardo Patino dan Menteri Luar Negeri Palestina, Riyad al-Malki seperti yang dilaporkan kantor berita internasional.

Begitu juga sebaliknya, Palestina juga akan memiliki perwakilan diplomatik di Quito.

Al-Malki melakukan perjalanan ke Quito untuk menghadiri pelantikan Presiden Rafael Correa pada Jumat (24/5).

“Terima kasih kepada orang-orang Ekuador atas dukungan, persaudaraan, persahabatan, dan solidaritas yang tulus dan jujur untuk kepentingan rakyat Palestina,” katanya.

Ekuador secara resmi telah mengakui kemerdekaan Palestina pada Desember 2011 dan mendukung Palestina mendapatkan keanggotaan PBB.

“Kami mengakui klaim, sejarah perjuangan rakyat Palestina, serta hak mereka untuk berpartisipasi dalam PBB,” kata Presiden Rafael Correa saat itu. Akhir tahun lalu, Palestina dalam Sidang Majelis Umum PBB telah mendapat dukungan mayoritas anggota PBB untuk mendapatkan keanggotaan di PBB. (T/P01/P02).

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Leave a Reply