HAMID KARZAI DESAK AS KIRIM TAHANAN GUANTANAMO KE AFGHANISTAN

Kabul, 17 Rajab 1434/27 Mei 2013 (MINA) – Presiden Afghanistan, Hamid Karzai sekali lagi mendesak Amerika Serikat (AS) untuk mengirim para tahanan asal negaranya yang berada di penjara Guantanamo ke Afghanistan.

Juru Bicara Istana Kepresidenan, Aimal Faizi pada Ahad (26/5) di Kabul, mengatakan bahwa Presiden Hamid Karzai menyambut baik upaya mitranya Presiden AS, Barack Obama untuk menutup penjara Guantanamo.

Sebelumnya, Presiden Karzai selama kunjungannya ke Amerika awal tahun ini juga mendesak para pejabat AS untuk menyerahkan tahanan Afghanistan di penjara Guantanamo ke Afghanistan.

Faizi mengatakan, Presiden Karzai sekali lagi bersikeras untuk mempertimbangkan permintaan Afghanistan dalam hal ini, Khaama Press melaporkan yang dikutip Mi’raj News Agency (MINA).

Sementara itu, Faizi mengatakan bahwa Presiden Karzai mengharapkan bahwa kongres AS mengangkat larangan pengalihan tahanan dari Guantanamo ke tanah air mereka

Presiden Obama menegaskan kembali komitmennya dalam pidato kontraterorisme pekan lalu dan menjabarkan langkah-langkah yang akan diambil untuk menutup penjara militer AS di Teluk Guantanamo, Kuba.

Pidato itu juga menegaskan kembali janji kampanye Obama 2008 untuk menutup penjara militer itu, di mana orang yang diduga pelaku teror telah ditahan, disiksa dan dilecehkan tanpa ada dakwaan dan pengadilan.

Sementara itu, Obama mengatakan bahwa AS berkomitmen untuk menangkap tersangka yang dituduh “teroris” dan menuntut mereka.

Ia mengatakan, hal itu pengecualian bagi pusat penahanan di Teluk Guantanamo.

“Ketika saya mencalonkan diri sebagai presiden pertama kalinya, John McCain mendukung penutupan Penjara Guantanamo.Tidak ada orang yang bisa mengelak dari salah satu penjara super maksimum atau militer kita di Amerika Serikat,” tambahnya dalam sebuah pertemuan diskusi kontraterorisme itu.

Menjawab celaan seorang peserta pertemuan terkait masalah siksaan pemaksaan makan terhadap tahanan yang mogok makan, Obama mengatakan, tidak ada pembenaran di luar politik bagi Kongres untuk mencegah menutup fasilitas yang seharusnya tidak pernah dibuka itu.

Obama juga mendesak AS untuk mengakhiri larangan kongres terhadap pengiriman tahanan dari penjara Guantanamo. (T/P09/P02).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply