IMAAMUL MUSLIMIN DUKUNG ERDOGAN SATUKAN HAMAS-FATAH

Jakarta, 10 Rajab 1434/20 Mei 2013 (MINA) – Imaamul Muslimin Muhyiddin Hamidy mendukung sepenuhnya rencana Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan untuk mempersatukan Hamas dan Fatah. 

“Upaya-upaya mempersatukan komponen kekuatan umat Islam untuk perjuangan pembebasan Al-Aqsha dan Palestina, harus terus didukung,” ujar Imaamul Muslimin kepada wartawan Mi’raj News Agency (MINA) di Jakarta, Senin malam (20/5).

Apalagi menurutnya, Turki merupakan salah satu kekuatan negeri muslim yang diperhitungkan, memiliki warisan khilafah Turki Utsmaniyah, dan menjadi salah satu faktor kebangkitan Islam saat ini.

Persatuan Hamas-Fatah merupakan suatu keharusan dari segala sisi, baik akidah, ukhuwah, maupun kepentingan Palestina sendiri, sebagaimana kesatuan ukhuwah yang merupakan cermin dari Surat Ali Imran ayat 103, tegasnya.  

Imaamul Muslimin Muhyiddin Hamidy juga mendukung rencana kunjungan Erdogan dalam waktu dekat ini ke Jalur Gaza.

“Kita harapkan kunjungan tersebut dapat mempercepat pembangunan Gaza pada khususnya dan percepatan pembebasan Al-Aqsha Palestina secara keseluruhan,” katanya.

Bahkan Imaamul Muslimin juga mengharapkan, Presiden Mahmoud Abbas dapat berkunjung ke Jalur Gaza. Begitu pula sebaliknya, Perdana Menteri Ismail Haniya pun dapat bersilaturrahim ke Tepi Barat.

Pada Konferensi Internasional Pembebasan Al-Aqsha dan Palestina di Bandung, Juli 2012 lalu, Jama’ah Musliimin (Hizbullah) mempertemukan delegasi Hamas dan Fatah dalam forum pertemuan yang akrab dan bersahabat.

Pada akhir sidang konferensi tersebut diputuskan antara lain perlunya terus diupayakan persatuan antar faksi-faksi perjuangan umat Islam di Palestina. (LR1/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

 

Leave a Reply