IRAN MINTA MESIR ADAKAN PERTEMUAN “SEGI EMPAT” TERKAIT KRISIS SURIAH

Kairo, 25 Jumadil Akhir 1434/4 Mei 2013 (MINA) – Menteri luar negeri Iran, Ali Akbar Salehi, meminta Mesir untuk segera membentuk Komite Segi Empat guna membahas krisis Suriah.

Pernyataan menlu tersebut memperlihatkan kesiapan Teheran menjadi tuan rumah atau tamu undangan dalam pertemuan setingkat petinggi negara itu.

“Gebrakan Presiden Muhammad Mursi sangat penting dan berpengaruh, apalagi memandang posisi Mesir di mata dunia Arab dan Islam,” kata Salehi sebagaimana kantor berita Fars melaporkan dikutip Pusat Studi Informasi Alam Islami (SINAI) pada Jum’at (3/5).

Media online tersebut melaporkan beberapa usulan yang diajukan Iran kepada Presiden Mursi bersifat sebagian, bukan secara global, serta mengutarakan kesiapan mereka dan anggota Majlis Syura Iran untuk membahas krisis Suriah.

Belum lama ini,  Esham El Haddad, penasehat presiden Mesir untuk urusan luar negeri, mengatakan koordinasi antara Kairo, Teheran, Riyadh dan Ankara sudah terjalin untuk mempersiapkan pertemuan setingkat menteri dalam waktu dekat ini, sekaligus membahas ide dan solusi Presiden Mursi terkait krisis yang terjadi di Suriah.

Oleh karenanya, pertemuan ituakan diadakan setingkat kementerian. Demikian juga kunjungan terakhir Mursi ke Iran ada hubungannya dengan pembahasan  Komite Segi Empat itu, SINAI yang berbasis di Kairo melaporkan.

Penasehat presiden Mesir itu menambahkan menteri luar negeri Mesir dan Iran telah sepakat untuk melanjutkan musyawarah terkait perkembangan krisis Suriah di masa mendatang. (T/P03/P02)

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply