TENTARA ISRAEL CULIK SEORANG WARTAWAN

Tepi Barat, 18 Rajab 1434/ 28 Mei 2013 (MINA) – Pasukan Israel menculik seorang wartawan setelah menyerbu rumahnya di desa al-Tabaqa, Dura, sebelah  selatan Hebron, Tepi Barat, Palestina, Senin dini hari (27/5).

“Kelompok wajib militer Israel menyerbu dan memeriksa rumah seorang wartawan, Odai al-Harbiyat dan membawanya ke tempat yang tidak diketahui,” kata warga setempat seperti dilansir Al-Ray News Agency yang dipantau Mi’raj News Agency (MINA).

Dalam konteks yang sama, saat menjelang fajar, pasukan Israel menyerbu sejumlah kota dan lingkungan di Distrik Hebron yang merupakan bagian selatan Tepi Barat.

Sumber-sumber keamanan setempat menunjukkan, beberapa patroli militer menyerbu kota al-Zaheriyeh, Halhul, dan Edhneh, serta menginspeksi pusat dekorasi.

Enam warga sipil juga ditangkap dan lainnya mengalami luka-luka dalam serangan operasi meluas di seluruh kota Jenin dengan meninggalkan properti masyarakat yang dirusak.

Saksi mata mengatakan, para tahanan diindentifikasi bernama Hassan Merhi (19), Sulaiman Lahlouh (20), Wasim Awartani (18), dan Shadi Derby (32). Tiga anggota keluarga Derby terluka akibat serangan anjing polisi. Mereka diidentifikasi sebagai ayah (62), adiknya (34), dan anak (7).

Pasukan Israel juga menangkap Mohammed Mitanni (16) di kota Yabud, Jenin Selatan dengan membawanya ke tempat yang tidak diketahui. Pada larut malam, mereka juga menculik Natiq Hossam (22) di sebuah pos pemeriksaan militer di pintu masuk ke kota Arraba, Jenin Selatan.

4979 Tahanan Palestina di Penjara Israel

Sejak Israel memulai penjajahannya di tanah Palestina pada tahun 1948, lebih dari 750.000 warga Palestina telah ditahan. Jumlah itu mewakili sekitar 20 persen dari jumlah total penduduk Palestina saat ini di Wilayah Penjajahan. Jumlah itu juga mewakili sekitar 40 persen laki-laki yang ditahan dari total penduduk di wilayah-wilayah Palestina yang dijajah Israel.

Menurut Laporan Lembaga Hak Asasi Manusia dan Urusan Tahanan Palestina, Addameer, Mei 2013, jumlah total tahanan Palestina yang berada di penjara-penjara Israel sekitar 4979 orang. (T/P06/P02)

Mi’raj News Agency (MINA)

Rate this article!

Leave a Reply