KANTOR BERITA MINA JAJAKI KERJASAMA DENGAN LKBN ANTARA

     Jakarta, 19 Rajab 1434/29 Mei 2013 (MINA) – Kantor Berita Islam MINA (Mi’raj News Agency) menjajaki kemungkinan kerjasama pemberitaan dengan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA, terutama dalam pemberitaan berbahasa Arab.

     Kantor berita MINA merupakan kantor berita Islam internasional yang berbasis di Jakarta ini secara resmi diluncurkan 18 Desember 2012  dengan siaran berita ke seluruh dunia dalam tiga bahasa yakni bahasa Indonesia, Inggris dan Arab, kata Wapemred I MINA, Syarif Hidayat dalam pertemuan dengan Direktur Pemberitaan Perum LKBN ANTARA Akhmad Kusaeni di Jakarta, Rabu sore.

     “Siaran berita dalam bahasa Arab ini merupakan keunggulan komparatif kami yang bisa kami tawarkan kepada ANTARA untuk kemungkinan kerjasama,” kata Syarif Hidayat yang merupakan wartawan senior pensiunan ANTARA dan mantan Kabiro ANTARA di Den Haag, Belanda. Sejak Desember 2012, ia direkrut oleh Pemimpin Umum MINA Imaam M. Hamidy untuk bergabung dengan MINA.

     Akhmad Kusaeni mengatakan bahwa LKBN ANTARA menyambut baik tawaran kerjasama dari MINA yang memiliki kesamaan misi dalam pemberitaan.

     “Kami menyambut baik usulan kerjasama dari MINA ini, apalagi ini kantor berita Islam yang mengusung nilai-nilai rahmatan lil alamin, memiliki peluang besar  kemungkinan kerjasama pemberitaan dengan kami,” kata Akhmad Kusaeni yang mantan Kabiro ANTARA New York itu saat menerima kunjungan pemimpin redaksi, redaktur dan wartawan MINA di kantor ANTARA.

     “ANTARA dan MINA memiliki kesamaan misi dalam pemberitaan yang akurat, lengkap dan independen.”     

    Akhmad Kusaeni  juga mengungkapkan bahwa ANTARA berencana menambah portal berita dalam versi berbahasa Arab yang menurutnya merupakan peluang untuk bekerjasama dengan MINA yang didukung oleh SDM berbasis pesantren dan memiliki tim penerjemah bahasa Arab.

    “Kami juga sedang berencana untuk menambahkan siaran berita dalam bahasa Arab. Ini membuka peluang kerjasama LKBN ANTARA dan MINA yang saling melengkapi. Di samping kemungkinan kerjasama lainnya, seperti pertukaran berita, magang bagi calon wartawan, dan lainnya,” ujar Direktur Pemberitaan ANTARA yang beberapa minggu lalu berbicara di forum Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Media ASEAN-Rusia di Moskow.

    Wapemred II/Sekretaris Redaksi MINA, Ali FarkhanTsani mengatakan, kehadiran MINA yang dibidangi mantan Sekretaris Lembaga (Seklem) ANTARA, H.M. Hamidy, lebih pada syiar dakwah Islam yang rahmatan lil ’alamin melalui media online.

     “MINA lahir saat Konferensi Internasional Al-Aqsha Palestina di Bandung tahun lalu, ketika sidang merekomendasikan perlunya media pembelaan citra Islam dan muslimin,” ujar Ali, yang juga da’i di Pesantren Al-Fatah Bogor.

     Menurutnya, Kantor Berita Islam MINA yang baru berusia lima bulan, tampil dalam tiga bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris, dari rencana delapan bahasa. Bahasa lainnya adalah China, Perancis,Rusia, Spanyol, dan Portugis.

     “Kami bersyukur dapat menjalin kerjasama dalam kebaikan dan takwa dengan ANTARA,” tambah Ali. (T/P09/R1/E1).

Mi’raj News Agency (MINA).

Leave a Reply