KEMENTERIAN AGAMA ADAKAN MUKER ULAMA AL QURAN

Jakarta, 8 Rajab 1434/18 Mei 2013 (MINA) – Sebanyak 120 peserta, akan ambil bagian pada Musyawarah Kerja (Muker) Ulama Al-Qur’an dengan tema Al-Qur’an di Era Global: Antara Teks dan Realitas. Peserta terdiri dari para ulama, akademisi, dan pemerhati kajian tafsir dan ilmu Al-Qur’an.

Kepala Bidang Pengkajian Al-Qur’an LPMA, Muchlis M Hanafi, mengatakan, kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMA) pada 21 – 24 Mei 2013, di Hotel Le Dian Serang-Banten, seperti dilansir Website resmi KEMENAG yang dipantau MINA (18/5)

Muchlis M Hanafi menjelaskan, Penyelenggaraan muker tahun ini dilatarbelakangi atas semangat dan kesadaran untuk terus berupaya mendialogkan dan mendekatkan pemahaman Al-Quran dengan dinamika masyarakat.

Kemudian, menurut Muchlis, semangat untuk membahas berbagai persoalan aktual yang terkait dengan tafsir Al-Qur’an, serta menggali ide-ide dan topik-topik kontemporer bagi pengkajian di masa yang akan datang.

Tujuan lainnya, menurut Muchlis, membahas persoalan aktual yang terkait dengan terjemah dan tafsir Al-Qur’an serta menjaring beberapa tema pokok seputar Kajian Al-Qur’an Kontemporer sesuai dengan dinamika yang berkembang di lingkungan masyarakat yang akan direkomendasikan sebagai bahan kajian di masa mendatang.

Muker Ulama Al-Qur’an yang diprakarsai LPMA dan dalam teknisnya bekerjasama dengan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten, bertujuan menghimpun saran dan masukan dari para ulama ahli Al-Qur’an dan para pakar guna perbaikan dan penyempurnaan Tafsir Tematik, 5 seri buku, dan Tafsir Ilmi 4 seri buku, yang diterbitkan Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an pada tahun 2012.

Peserta berasal dari 25 provinsi, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Riau, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan seterusnya. (T/P015/R2).

MINA ( Mi’raj News Agency)

 

 

 

Leave a Reply