LEDAKAN BOM SERANG PASUKAN AMERIKA DIKABUL

Kabul, 6 Rajab 1434/16 Mei 2013 (MINA) – Sebuah ledakan mengguncang Kabul, ibukota Afghanistan,  Kamis pagi (16/5), setelah seorang bomber meledakkan dirinya di dekat konvoi kendaraan pasukan koalisi pimpinan Amerika.

Kepala keamanan Kabul, Jenderal Ayoub Salangi yang mengkonfirmasi laporan itu mengatakan insiden terjadi di daerah Shah-Shahid kota Kabul, dekat rumah Gul Padshah Majidi, anggota parlemen Afghanistan.

Jenderal Zahir, Kepala Departemen Investigasi Kriminal di Kabul mengatakan sedikitnya 6 orang tewas dan sekitar 35 lainnya luka-luka setelah ledakan itu.

Pejuang Hezb-e-Islami Afghanistan dilaporkan telah mengaku bertanggung jawab di balik insiden itu, lansir Khaama Press yang dikutip MINA.

Sebelumnya, tanggal 14 Mei, empat tentara pimpinan Amerika juga tewas dan beberapa lainnya luka-luka ketika sebuah bom rakitan menghancurkan kendaraan tentara di provinsi selatan Kandahar.

Di daerah lain, seorang pemimpin senior Taliban dilaporkan tewas dalam operasi militer gabungan pasukan koalisi dan pasukan keamanan Afghanistan di bagian utara provinsi Balkh hari Rabu.

“Pasukan keamanan Afghanistan dan koalisi menewaskan seorang pemimpin senior Taliban, Shah Gul, selama operasi di distrik Chimtal, provinsi Balkh, kemarin,” kata sumber Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (International Security Assistance Force/ISAF).

Gul diduga kuat memiliki kontrol operasional terhadap sekelompok pejuang yang bertanggung jawab atas sejumlah serangan terhadap pasukan koalisi dan Afghanistan. (T/P09/R2).

Mi’raj News Agency (MINA).

 

 

 

Leave a Reply