MURSI TEMANI ERDOGAN KUNJUNGI GAZA

Turki, 7 Rajab 1434/17 Mei 2013 (MINA) – Presiden Mesir, Muhamad Mursi kemungkinan akan bergabung untuk menemani Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan pada kunjungannya ke Jalur Gaza akhir bulan ini, klaim penulis dan peneliti Turki Zahid Gul, yang dekat dengan pemerintah di Turki.

Gul mengatakan kepada program radio Galset Samar bahwa sumber senior yang mengisyaratkan kepadanya ini telah dibahas di tingkat tertinggi dari kedua negara. Dia mencatat bahwa kunjungan Erdogan ke wilayah Palestina tidak hanya akan memberikan dukungan moral kepada rakyat Gaza, tetapi juga mengungkap sejumlah proyek yang didanai Turki di sana.

Gul menambahkan, Turki akan mendorong akhiri pengepungan dan membuka semua penyeberangan perbatasan ke Gaza tanpa batasan sebagaimana yang lansir oleh MEMO dan dikutip MINA.

Menteri Agama di Jalur Gaza, Ismail Radwan, mengatakan baru-baru ini pemerintahnya menunggu sejumlah pejabat berpangkat tinggi berkunjung dalam beberapa minggu mendatang, namun menolak menyebutkan nama mereka.

Dalam pidatonya saat berkunjung ke Kairo, tahun lalu, Erdogan berbicara tentang situasi di Gaza dan hubungan Turki-Mesir, dia berkata, “Kami akan terus dengan Mesir untuk memecahkan masalah Gaza dalam masyarakat internasional dan PBB.”

Dalam kesempatan itu, dia menambahkan bahwa ketika ia datang ke Suriah atau Palestina tampak terlihat keheningan dan standar ganda, ketidakadilan ini harus berakhir dan kami tidak akan menerimanya lagi.

Terkait hubungan antara Turki-Mesir, Erdogan mengatakan bahwa tahap ini pihaknya akan mendukung Mesir dengan semua kekuatan dan upaya dan tidak akan ragu untuk membantu mereka secara ekonomi.

Direktur Middle East Monitor (MEMO), Daud Abdullah menyatakan, rencana kunjungan Perdana Menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan ke Jalur Gaza, Palestina pada Mei ini  merupakan penegasan terhadap dukungan negaranya kepada perjuangan rakyat Palestina melawan penjajah Israel.(T/P08/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)  

 

 

 

 

Rate this article!

Leave a Reply