MURSI AKAN TEMUI ABBAS SETELAH PERTEMUAN REKONSILIASI HAMAS-FATAH

Kairo, 3 Rajab 1434/13 Mei 2013 (MINA) – Presiden Mesir, Muhammad Mursi dijadwalkan menemui presiden otoritas Palestina, Mahmud Abbas pada Rabu pagi (15/5) untuk mendiskusikan peran Mesir dalam rekonsiliasi Hamas-Fatah yang sedang berlangsung.

Media Mesir melaporkan, pertemuan itu akan bertepatan dengan pertemuan lain yang dimaksudkan melanjutkan pekerjaan komite rekonsiliasi dengan aparat intelijen Mesir.

“Pertemuan ini akan mencakup pengambilan saran berkaitan dengan pembentukan pemerintah transisi yang dapat dipercaya kedua faksi,” kata ketua delegasi Fatah, Azzam Al-Ahmed, seperti dikutip Ahram.

Isu lainnya yang akan menjadi agenda utama adalah perihal pemilihan, keamanan, dan perombakan kembali Organisasi Pembebasan Palestina (Palestine Liberation Organization/PLO).

Pada Selasa (14/5), delegasi Hamas-Fatah akan kembali melakukan pertemuan di Kairo, Mesir di mana Pejabat senior Hamas, Musa Abu Marzuq mengatakan, pertemuan itu akan membahas solusi untuk mengakhiri perpecahan di antara faksi-faksi yang ada di Palestina.

Fatah dan Hamas menandatangani kesepakatan pada 2011 lalu di Kairo untuk mendirikan sebuah pemerintahan sementara dari pihak independen untuk membuka jalan bagi pemilihan parlemen dan presiden dalam jangka waktu 12 bulan, namun pelaksanaannya tidak terwujud.

Kesepakatan Kairo 2011 itu dimaksudkan untuk membuka jalan bagi pemilihan presiden dan legislatif yang direncanakan dilaksanakan pada Mei 2012.

Upaya rekonsiliasi masih terus berlanjut walaupun masih ada beberapa kesepakatan yang belum menemukan titik temu diantara kedua faksi. 

Banyak pihak mendukung upaya rekonsiliasi Hamas-Fatah yang dianggap akan menjadi kekuatan besar dalam meraih Palestina merdeka. (T/P03/P02)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

 

Leave a Reply