MURSI DAN ABBAS BAHAS KEMBALI PROSES REKONSILASI

Kairo, 7 Rajab 1434/17 Mei 2013 (MINA) – Pertemuan kedua Presiden Mesir, Muhammad Mursi dengan Presiden Palestina, Mahmud Abbas di Kairo pada Kamis kemarin sebagai bagian dari upaya yang ditujukan untuk melanjutkan proses perdamaian timur tengah dan bagaimana menerapkan rekonsiliasi. 

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor kepresidenan Mesir menegaskan, Mursi dan Abbas sangat mengutuk serangan Israel yang sedang berlangsung terhadap kota Al-Quds.

Kedua pemimpin tersebut mendesak agar pemerintah Israel untuk segera menghentikan pelanggaran yang menunjukan pada pelanggaran konvensi Internasional.

Kedua presiden juga mendesak dunia internasional untuk menghentikan tindakan kriminal yang dilakukan Israel terhadap tempat-tempat suci umat Islam dan mengakhiri kegiatan pemukiman ilegal Yahudi di wilayah Palestina yang dijajahnya.

Pernyataan yang dikutip Maan News itu menambahkan, Abbas dan Mursi memutuskan upaya untuk melaksanakan perundingan rekonsiliasi antara Hamas dan Fatah yang ditandatangani di Kairo dan Doha.

Juga pada hari Kamis kemarin, Presiden Abbas bertemu dengan pemimpin salah satu faksi Palestina Jihad Islam,  Ramadhan Abdullah Shallah di Kairo, seorang pejabat Palestina mengatakan kepada kantor berita Ma’an yang dikutip Mi’raj News Agency (MINA).

Sumber itu mengatakan kedua tokoh membahas situasi keseluruhan di Palestina tanpa memberikan rincian lebih lanjut (T/P012/TP02)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

  

 

Leave a Reply