MURSI GANTI ENAM MENTERI DALAM PEROMBAKAN KABINETNYA

Kairo, 22 Jumadil Akhir 1434/2 Mei 2013 (MINA) –  Sumber pemerintah Mesir mengatakan, Mursi akan mengganti enam menteri  dalam perombakan kabinet yang dijanjikannya.

“Presiden Mursi bermaksud mengganti sepuluh menteri, tetapi jumlah itu dipangkas menjadi enam karena ia tidak bisa membujuk cukup pengganti untuk bergabung dikabinetnya,” kata sumber yang tidak disebutkan namanya, sebagaimana Ahram melaporkan.

Sumber tersebut mengatakan kesulitan dalam mencari pengganti juga menjadi salah satu alasan kenapa perombakan kabinet ditunda. Namun, sejauh ini belum ada keterangan resmi dari istana kepresidenan Mesir terkait hal itu.

Para menteri baru yang mungkin dilantik pada Selasa depan itu diharapkan akan memimpin dengan adil, ahli dalam urusan hukum, budaya, agrikultur, perencanaa,n dan kerjasama internasional,” kata Media harian Mesir tersebut seperti dikutip Mi’raj News Agency (MINA), Kamis (2/5).

Sedangkan Perdana Menteri Mesir, Hisham Qandil akan mempertahankan pekerjaannya dalam perombakan kabinet terbatas itu, kata pihak kepresidenan pekan lalu. Sebelumnya, oposisi Mesir menginginkan Qandil dan kabinetnya diganti.

Pada 21 April, Menteri Kehakiman Mesir, Ahmed Mekki mengundurkan diri di mana sebelumnya terdengar isu Mekki adalah salah satu pejabat yang  diduga akan diganti.

Kantor kepresidenan juga diperkirakan akan mengumumkan pergantian ini dalam waktu dekat, kata sumber informasi yang dekat dengan presiden mengatakan pada Rabu (1/4). Hal itu diharapkan  akan menyertakan 16 akademisi dan profesor hukum, bersama dengan hakim-hakim, kata sumber tersebut. (T/P03/P02)

 Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

 

 

Leave a Reply