MUSLIM KANADA RAYAKAN MASJID PERTAMA

Edmonton, 12 Rajab 1434/22 Mei 2013 (MINA) – Komunitas Muslim yang cukup besar di Kanada telah merayakan masjid pertama yang dibangun sejak 1938 di daerah Edmonton.

“Kami ingin mengirim pesan kepada seluruh masyarakat, untuk mengucapkan rasa terima kasih atas bantuan mereka terhadap Masjid Al-Rashid,” kata Khalid Tarabin, presiden Islamic Center Kanada dan Masjid Al-Rashid.

Muslim Kanada merayakan ke-75 tahun masjid Al-Rashid di Edmonton, sebagai masjid pertama yang dibangun di daerah tersebut upaya memenuhi kebutuhan tempat ibadah untuk imigran.

Acara tersebut diawali dengan makan siang dan dihadiri oleh sekitar 400 tamu, termasuk Walikota Edmonton Stephen Mandel, Walikota Na Calgary. Beberapa peristiwa juga akan diselenggarakan selama beberapa bulan ke depan sebagai tonggak atas masjid pertama.

Pada tahun 1980, Masjid Al-Rashid sempat rusak dan kota sedang diambang kehancuran, namun pada tahun 1991 diputuskan untuk memindahkan masjid ke Fort Edmonton Park dengan memakan biaya sebesar $ 75.000.

Sekitar satu tahun kemudian pada 28 Mei 1992 masjid tersebut mulai dibuka kembali untuk tempat ibadah dengan lebih dari 20.000 Muslim yang tinggal di Edmonton.  Menurut laporan Onislam.net  seperti dipanatau Mi’raj News Agency (MINA), Rabu (22/5).

Muslim Kanada memuji upaya para pejabat Edmonton atas bantuan dana mereka dalam menyelesaikan bangunan masjid. Meskipun masjid-masjid baru telah dibangun di seluruh kota Kanada, namun masjid al-Rashid masih tetap menjadi pusat komunitas Muslim di Edmonton.

Tarabin berpendapat bahwa masjid Al-Rasyid tetap Islamic Center bagi 80.000 Muslim di Edmonton. “Kami memiliki 15 tempat ibadah di seluruh kota, tetapi semua Muslim selalu berkunjung ke masjid Al-Rasyid,” kata Tarabin.

Muslim di Kanada mencapai 1,9 persen dari 32,8 juta penduduk, dan Islam adalah nomor satu di utara Amerika. (T/P013/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Rate this article!

Leave a Reply