MUSLIM THAILAND HARAPKAN INDONESIA BANTU PROSES PERDAMAIAN

Bandar Lampung, 20 Rajab 1434/30 Mei 2013 (MINA) – Kaum muslimin Thailand sangat mengharapkan Indonesia dapat aktif membantu proses perdamaian di daerah Thailand Selatan.

Tokoh Ulama Thailand, Muhammad Bennui mengatakan kepada Mi’raj News Agency (MINA) usai penutupan program pertukaran pelajar Indonesia-Thailand, di Pesantren Diniyyah Puteri Bandar Lampung, Rabu (29/5).

“Indonesia memiliki cukup pengalaman menyelesaikan masalah konflik seperti ini di Aceh dan tempat lainnya, “ Kata Bennui, yang juga pemimpin Thayai Wittaya School Hadyai Thailand.

Menurutnya, Indonesia dengan beragam ras, suku, dan bahasanya, namun masyarakatnya hidup berdampingan secara damai. Bukti toleransi antarumat beragama di Indonesia sangat tinggi, “ ujarnya.

Ia menambahkan, sebenarnya muslim di Thailand pun hidup berdampingan secara damai dengan warga beragama lain.

“Kami hidup bersama dengan orang budha, china, dan kristen di sana, kami mendapatkan hak sama sebagaimana warga lain, walaupun muslim di sana minoritas. Mayoritas masyarakat Thailand adalah Budha, yaitu sekitar 90 persen,“ tambah Bennui.

Namun berbeda dengan kondisi di Thailand Selatan yang 85 persennya warga muslim, acapkali situasinya memanas oleh tindakan militer Thailand.

Karena itu, ia berharap Indonesia memainkan peran perdamaian di Thailand Selatan. (L/K1/R1).

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

 

Leave a Reply