PAKAR POLITIK AS: ISRAEL LETAKKAN DASAR KEKACAUAN DI SURIAH

Teheran, 1 Rajab 1434/10 Mei 2013 (MINA) – Penulis dan pakar politik Amerika Serikat (AS), Kevin Barret dalam wawancara dengan Press TV, Kamis (9/5), yang dikutip MINA mengatakan bahwa Israel telah benar-benar meletakkan dasar kekacauan di Suriah.

“Saya pikir pada akhirnya orang-orang Israel adalah orang-orang yang telah benar-benar meletakkan dasar untuk jenis kekerasan dan kekacauan di Suriah,” kata Barrett.

Barrett mengatakan bahwa rezim Tel Aviv berusaha mengacaukan Suriah dalam upaya untuk melanjutkan pendudukannya atas wilayah Dataran Tinggi Golan Suriah.

Pada 5 Mei, Suriah mengatakan rezim Israel telah melakukan serangan udara menargetkan pusat penelitian di pinggiran ibukota, Damaskus. Menurut laporan media Suriah, roket Israel menyerang Pusat Penelitian Jamraya.

Agresi itu adalah serangan kedua rezim Israel di negara Arab dalam tiga hari. Fasilitas Jamraya telah menjadi sasaran serangan udara Israel yang lain pada bulan Januari.

Menurut Barrett, konflik di Suriah bisa diakhiri jika Suriah memenangkan perang atau berdamai dengan cara demokrasi.

“Di beberapa titik diharapkan pemerintah Suriah dapat menjangkau kekuatan oposisi yang sebenarnya dan Suriah tertarik untuk berpartisipasi dalam mengubah hal-hal di Suriah secara damai dan demokratis,” kata Barrett.

Banyak orang, termasuk sejumlah besar warga sipil Suriah, telah tewas dalam kekacauan yang meletus di negara itu sejak Maret 2011. PBB dan para pemimpin negara-negara dunia telah berulang kali menyerukan dialog untuk mengakhiri kekerasan. (T/P09/R2).

Mi’raj News Agency (MINA).

Leave a Reply