PALESTINA SAMBUT BAIK USAHA ERDOGAN SATUKAN HAMAS-FATTAH

Salah Bardawil

Gaza, 10 Rajab 1434/20 Mei 2013 (MINA) – Petinggi Hamas Salah bardawil mengatakan pihaknya menyambut baik pernyataan Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan tentang mencapai pemahaman nasional dan persatuan di Palestina.

“Kami menghargai upaya Erdogan untuk penyatuan Palestina. Posisi Turki guna mengakhiri pengepungan di Gaza untuk normalisasi hubungan dengan Israel adalah perilaku yang sangat mulia,” kata Bardawil kepada kantor berita Turki, Anadolu Agency pada Ahad (19/5).

Bardawil menambahkan warga Gaza memiliki simpati khusus terhadap Erdogan dan berharap kunjungan Erdogan ke Gaza akan berhasil mengakhiri pengepungan Israel, mencegah serangan-serangan yang dilakukan tentaranya serta menghentikan upaya Yahudisasi Yerusalem.

Di sisi lain, seorang petinggi Fatah, Diyab Loah mengatakan mereka berharap kunjungan Erdogan akan menyaksikan penyatuan faksi Palestina.

Sebelumnya, dalam kunjungannya ke Washington untuk bertemu Obama pada Jumat (17/5), Erdogan mengingatkan kesepakatan damai di kawasan Palestina tidak akan terwujud tanpa adanya rekonsiliasi di dalam Palestina.

Seorang anggota parlemen independen, Jamal Hadri juga mengatakan pidato Erdogan di Washington itu sangat penting untuk memperluas cakrawala guna mengakhiri pendudukan Israel.

Dia mengungkapkan, dirinya telah mengatakan kepada Tony Blair, utusan khusus negara Kuartet bahwa Hamas harus ikut serta dalam meja perundingan untuk perdamaian di Timur Tengah.

Dia berbicara setelah bertemu Presiden AS, Barack Obama pada Kamis (16/5) dan menegaskan rencananya mengunjungi Jalur Gaza yang dikuasai pihak Hamas serta Tepi Barat yang dikuasai Fatah pada bulan depan, meskipun rencana itu ditentang AS. (T/P03/P01).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply