ISRAEL BEBASKAN ISSAWI

Ramallah, 2 Rajab 1434/10 Mei 2013 (MINA) – Militer Israel pada Kamis (9/5) menyetujui kesepakatan untuk membebaskan Samer Issawi, yang mengakhiri mogok makan selama 266 hari setelah mencapai kesepakatan dengan jaksa militer Israel.

“Dalam proses pengadilan militer Ofer, hakim militer menyatakan kekecewaannya dengan “sangat ringan” seputar kesepakatan pembebasan Issawi tetapi menerimanya,” ungkap pengacara Issawi Jawad Bolous.

“Issawi, yang ikut hadir di pengadilan, tampak sangat kurus namun demikian jelas kesehatannya membaik,” tambah Bolous.

Issawi melakukan mogok makan setelah pasukan Israel menangkapnya dan menuduhnya melanggar ketentuan amnesti dalam pertukaran tawanan pada Oktober 2011.

Berdasarkan kesepakatan yang ditandatangani di Kaplan Medical Center pada bulan April, Issawi akan dibebaskan ke kampung halamannya di Yerusalem Timur. Sebelumnya, dia telah menolak beberapa usulan untuk mendeportasinya.

Issawi, 33, pertama kali ditangkap pada tahun 2002 dan dijatuhi hukuman 26 tahun untuk kegiatan militer atas nama Front Demokratik untuk Pembebasan Palestina.

Seperti dikutip dari Ma’an news, Issawi diberikan amnesti pada Oktober 2011 dalam pertukaran tahanan antara Israel dan Hamas, namun kembali ditahan pada 7 Juli dan dituduh melanggar persyaratan pembebasannya dengan meninggalkan Yerusalem Timur dan memasuki Tepi Barat. (T/P05/P01).

Mi’raj News Agency (MINA)

Rate this article!

ISRAEL BEBASKAN ISSAWI,0 / 5 ( 0votes )

Leave a Reply