PEMUKIM YAHUDI SERBU MASJID AL AQSHA SAAT PERINGATAN NAKBAH

Jarusalem, 5 Rajab 1434/15 Mei 2013 (MINA)- Sekitar 53 pemukim Yahudi menyerbu Masjid Al-Aqsha di Yarusalem, Rabu (15/5) melalui gerbang Maghribi pada peringatan Hari Nakbah yang ke-65.

Salah satu penjaga masjid mengatakan, kondisi mencekam di sekitar Masjid Al-Aqsa setelah serangan dari sekelompok pemukim tersebut yang terdiri dari lima sampai 10 orang dalam tiap kelompoknya, seperti dilansir PNN.

Penjaga itu menambahkan bahwa upaya oleh pemukim Yahudi untuk menyerang masjid dari gerbang Maghribi tidak berhasil, sampai pasukan Israel memberi mereka perlindungan dan memfasilitasi mereka masuk ke masjid.

Saksi mata mengatakan, sedikitnya ada sekitar 50 pemukim yang secara bersamaan masuk ke masjid melakukan ritual keagamaan mereka melalui gerbang Damaskus, Hutta dan Al-Asbat.

Sumber tersebut mengatakan ketegangan yang meninggi di tempat suci umat Islam tersebut ketika Muslim yang ada di dalam masjid terus mengucapkan takbir.

Sementara itu, kerusuhan juga terjadi di beberapa kota di Tepi Barat antara warga Palestina dengan pihak militer Israel. Di Al-Khalil (Hebron), para pendemo melemparkan bom molotov ke arah kendaraan militer Israel yang menyebabkan empat anggota militer tersebut terluka.

Sementara di Qalandiya, militer Israel menyemprotkan gas air mata terhadap para pendemo yang melakukan protes dalam memperingati hari paling bersejarah dalam perjalanan hidup rakyat Palestina tersebut.

Peristiwa Nakbah dikenang rakyat Palestina sebagai malapetaka yang disebabkan kebiadaban Israel hingga mereka meninggalkan rumah dan kampung halamannya untuk hijrah menyelamatkan jiwa dan iman yang melekat dalam dada. Nakbah merupakan peristiwa dimana secara sepihak, orang-orang keturunan Yahudi mendirikan negara Israel di atas tanah rakyat Palestina yang mereka usir saat peristiwa Nakbah terjadi. (T/P010/P01).

MINA (Mi’raj News Agency)

Leave a Reply