PRESIDEN ISRAEL DATANGI YORDANIA UNTUK FORUM EKONOMI

Raja Abdullah II, Yordania

Amman, 16 Rajab 1434/26 Mei 2013 (MINA) – Sumber Israel melaporkan Presiden Israel, Shimon Peres, melakukan perjalanan ke Yordania pada Ahad (26/5) untuk berpartisipasi dalam Forum Ekonomi Dunia yang diselenggarakan di daerah Laut Mati di Yordania.

Sumber tersebut mengatakan, Raja Abdullah II dari Yordania dan Menlu As, John Kerry (yang mengunjungi Israel dan wilayah Palestina akhir-akhir ini) akan berpartisipasi dalam forum itu.

Media Yedioth Aharonoth Israel, melaporkan dalam kunjungannya di Yordania, Peres juga akan mengadakan beberapa pertemuan politik dengan para pemimpin dan pejabat serta menambahkan perwakilan dari banyak negara-negara Arab akan menghadiri Forum tersebut.

Sementara itu, harian Israel, Haaretz, melaporkan Peres juga akan bertemu dengan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, Raja Abdullah dari Yordania, dan John Kerry.

Partisipasi Israel dalam forum di Yordania datang di tengah kampanye Lembaga Boikot, Divestasi, dan Sanksi internasional (BDS), dan juga di tengah kemenangan boikot yang dicapai BDS di berbagai sektor, termasuk perdagangan dan pendidikan.

Yordania-Israel menormalisasikan hubungan kedua negara dalam perjanjian damai yang dikenal dengan Wadi Araba, perjanjian damai yang dibuat pada 1994 ini menyelesaikan sengketa wilayah diantara keduanya.

Forum Ekonomi Dunia yang akan berlangsung selama dua hari itu dihadiri lebih dari 900 pembuat keputusan dan pemimpin usaha dari lebih 23 negara.

Berbagai laporan media menyebutkan, Raja Abdullah II pada pidatonya dalam forum tersebut mengatakan konflik Israel-Palestina harus segera berakhir dengan bantuan-bantuan internasional. (T/P03)

Leave a Reply