PRODUK HALAL MARKET DI PAKISTAN MEMILIKI $ 1.3TR POTENSI EKSPOR

Islambad, 28 Jumadil Akhir 1434/7 Mei 2013 (MINA) – Produk halal Market, $ 1.3tr potensi ekspor. Hal ini dinyatakan oleh Shahzada Ahsan Ashraf Shaikh, Menteri Federal, Industri dan Produksi selama pertemuannya dengan Ketua Export Processing Zones Authority (EPZA), Saadat S. Cheema di Departemen Industri dan Produksi di Islamabad, Pakistan.

Ini sangat ironis untuk dicatat bahwa sebagian besar permintaan produk halal dipenuhi oleh negara-negara Non-Muslim, sedangkan negara-negara Muslim memiliki andil sedikit di pasar yang berkembang sangat cepat.

Permintaan produk halal di negara-negara Barat terutama dipenuhi oleh Amerika Serikat, Brasil, Kanada, Australia, Selandia Baru dan Perancis. Sejauh negara-negara timur yang bersangkutan, Thailand merupakan pemasok terbesar produk-produk bersertifikat halal diikuti oleh Filipina, Malaysia, Indonesia, Singapura dan India.

Pada kesempatan ini, Menteri Federal Industri & Produksi meyakinkan dukungan lengkap untuk EPZA dari kementerian untuk menyiapkan Halal Zona Pemrosesan Ekspor di berbagai kota di Pakistan.

Dalam presentasinya Ketua EPZA, Saadat S. Cheema, mengatakan, sejumlah besar konsumen di dunia Non-Muslim juga lebih memilih produk halal karena alasan kebersihan, kebersihan dan kemurnian sebagai jaminan kualitas dianggap sebagai masalah utama dalam masyarakat. Keunggulan kompetitif terbesar Pakistan di wilayah ini adalah tersedianya basis produksi Halal, datang dari sebuah negara Muslim yang memiliki akses langsung ke basis besar konsumen halal di Afghanistan, Asia Tengah dan Timur Tengah.

“Investor di Pakistan juga perlu mengakui kenyataan bahwa pasar halal tidak hanya dibatasi untuk makanan. Segmen ini mencakup produk seperti Kosmetik, Farmasi, Barang Kulit dan Islamic Financial Services. Makanan hanya merupakan 2% dari pasar halal,” Cheema menambahkan.(T/P014/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply