PROGRAM TAJUL WAQAR TINGKATKAN HUBUNGAN INDONESIA-PALESTINA

Jakarta,  29 Jumadil Akhir 1434/9 Mei 2013 (MINA) – Program Percepatan Menghafal Al-Quran “Tajul Waqar” (mahkota kejayaan) yang berasal dari Gaza, Palestina, dapat meningkatkan hubungan persaudaraan Indonesia dan Palestina.

Syeikh Shadi Al-Banna Al-Hafidz, guru pengajar Tahfidz Al-Quran Ma’had Daar Al-Quranul Karim was Sunnah Gaza mengatakan hal itu kepada wartawan Kantor Berita Islam MINA (Mi’raj News Agency) di Jakarta, Rabu malam.

Menurutnya, Tajul Waqar adalah sejenis program singkat semacam pesantren kilat di Indonesia, selama 1-2 bulan musim liburan, dengan materi khusus menghafal Al-Quran.

Biasanya di Gaza pada musim liburan, anak-anak tidak bepergian ke tempat-tempat wisata atau berkunjung ke sanak keluarga, akan tetapi mereka berkumpul di masjid-masjid untuk menghafalkan Al-Quran secara terbimbing oleh para hufadz.

“Mereka berkumpul dari pagi, sore hingga malam hari di masjid-masjid untuk menghafal Al-Qur’an selama musim liburan. Sebagian besar dari mereka berhasil menghafal Al-Qur’an,” ujarnya.

Program ini sudah ada sejak lama di Gaza. Namun baru ditertibkan dalam sebuah lembaga formal bernama Daar Al-Qur’anul Karim was Sunnah sejak 2006. 

Sejak saat itulah lahir puluhan ribu penghafal Al-Quran. Tercatat tahun 2010 diwisuda 24.000 hafidz dan hafidzah, tahun 2011 sebanyak 10.000 hafidz dan hafidzah, serta tahun 2012 sekitar 10.000 hafidz dan hafidzah Al-Qur’an.

“Dengan diterapkannya program ini di Indonesia, di samping dapat memperbanyak lahirnya para penghafal Al-Quran, juga mempererat hubungan persaudaraan umat muslim Indonesia dan Palestina, menuju pembebasan Palestina secara keseluruhan,” katanya.

Program bertajuk “Daurah Tahfidzul Quran Taajul Waqaar lil Aqsha Intishar” (Program Akselerasi Menghafal Al-Quran Mahkota Kejayaan untuk Kemenangan Al-Aqsha) yang dilaksanakan di Pesantren Al-Fatah Muhajirun, Negararatu, Natar, Lampung Selatan, mulai 10 Mei hingga 10 Juni 2013. Diikuti peserta sekitar 500 orang dari berbagai daerah di Indonesia dan tingkatan usia anak-anak hingga dewasa.

“Insya Allah program Tajul Waqar terbukti menghasilkan ribuan penghafal Al-Quran,” tegasnya. (L/ P04/P010/P011/R1).

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

 

 

Leave a Reply