SERANGAN DI KAMPUNG SURIAH TEWASKAN PULUHAN ORANG

warga Al Baida yang ditahan di eksekusi oleh pasukan pemerintah dengan cara yang mengenaskan Kamis (2/5)

Foto: Syria Care doc

Al Baida, 23 Jumadil Akhir 1434/3 Mei 2013 (MINA) – Pasukan pemerintah dan anggota milisi yang setia kepada Presiden Suriah, Bashar al-Assad telah menyerbu desa pesisir al-Baida, menewaskan sedikitnya 50 orang termasuk perempuan dan anak-anak.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris (SOHR) melaporkan, Kamis (2/5), jumlah korban tewas kemungkinan bertambah dan bisa mencapai lebih dari 100 jiwa.

“Banyak dari mereka yang tewas dieksekusi dengan ditembak atau ditusuk,” kata SOHR seperti dikutip harian Turkish Weekly yang dipantau Mi’raj News Agency (MINA), Jum’at (3/5).

Turkish Wekly juga melaporkan, pejuang oposisi menyerang satu bus penuh pasukan pro Assad yang dikenal dengan Sabiha, pada hari sebelumnya, di mana menewaskan sedikitnya enam orang dan mengakibatkan 20 lainnya terluka.

Pasukan pemerintah dan Shabiha dikatakan telah mengelilingi al-Baida dan Maqreb, dekat kota Baniyas, dan melepaskan mortir sebelum merampok al-Baida.

Koalisi oposisi Nasional Suriah mengatakan pemerintah Assad membalas dendam kepada warga yang tinggal di kampung Baniyas karena mereka dianggap pihak pertama  yang  melakukan pemberontakan pada Maret 2011.

Baniyas dan desa-desa sekitarnya adalah daerah yang ditinggali Sunni dan dikelilingi kota-kota Alawit.

SOHR melaporkan penyerangan itu terjadi pertama kali di Baniyas dan tentara pemerintah telah memotong jalur komunikasi dengan al-Baida.

Kekerasan yang sedang berlangsung di negeri itu telah membuat lebih dari 70.000 orang meninggal,  di mana didominasi perempuan dan anak-anak yang tidak berdosa. (T/P03/P02)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

Leave a Reply