SYAFII MAARIF : UMAT ISLAM PERLU PEMIMPIN SEPERTI RASULULLAH

Ahmad Syafii Maarif dalam Diskusi Umum "Kepemimpinan yang Berkeutamaan" di Jakarta, Rabu (15/5). (Doc. MINA)

Jakarta, 6 Rajab 1434/15 Mei 2013 (MINA) – Seorang ulama kharismatik yang sangat peduli dengan permasalahan Umat Islam, Ahmad Syafii Maarif mengatakan, Umat Islam sangat memerlukan pemimpin yang ideal sepertu Nabi Muhammad Saw.

Hal itu diungkapkannya dalam acara Diskusi Umum “Kepemimpinan yang Berkeutamaan” di Jakarta, Rabu (15/5).

“Umat Islam di Indonesia sangat memerlukan figur pemimpin yang meneladani kepemimpinan Nabi Muhammad SAW. Karena hanya dengan itulah, umat Islam bisa merasakan keadilan dan kemakmuran,” kata pendiri Maarif Institute itu.

Lebih lanjut, seorang yang sering disapa Buya Syafii Maarif itu mengatakan, sifat-sifat Nabi Muhammad yang harus diteladani adalah berani dalam mengambil keputusan dan tawadlu terhadap nasehat yang diberikan rakyatnya.

“Sifat Rasul dalam memimpin adalah beliau sangat bijaksana dalam mengambil sebuah keputusan serta beliau sangat tawadlu (terbuka) menerima nasehat yang datang dari rakyatnya.Hal itulah harus dilakukan oleh pemimpin saat ini,” tambahnya.

Maarif juga menekankan perlunya generasi muda mempelajari prophetic Leader, yaitu ciri khas kepemimpinan yang dipraktekan oleh Nabi Muhammad SAW.

Ulama asal Sumatra Barat itu juga menghimbau media untuk berperan aktif dalam memberikan informasi benar dan akurat mengenai figur pemimpin Umat yang sesuai dengan prinsip-prinsip dan semangat keislaman.

Dalam acara diskusi itu dihadiri oleh para tokoh dan ulama seperti Sholahuddin Wahid, pengamat politik Efendy Ghazali, aktifis reformasi Dan tokoh lainnya. (L/P04/P02/R2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

 

Leave a Reply