TALIBAN BEBASKAN SEMUA SANDERA INSINYUR TURKI

Kabul, 6 Rajab 1434/16 Mei 2013 (MINA) – Kelompok Taliban di Afghanistan mengumumkan bahwa semua sandera Turki telah dibebaskan setelah empat insinyur Turki yang tersisa dibebaskan pada Selasa (14/5), Khaama Press melaporkan yang dikutip MINA.

Sumber Taliban  itu juga menambahkan bahwa warga Turki yang dibebaskan oleh kelompok Taliban adalah sebagai sikap niat baik kepada umat Islam di Turki.

Gerilyawan Taliban menculik sedikitnya delapan warga negara Turki bersama dengan pilot Afghanistan serta dua dari Rusia dan Kyrgyzstan setelah helikopter sipil yang mereka tumpangi melakukan pendaratan darurat di bagian timur provinsi Logar, Afghanistan.

Warga Turki yang diculik dilaporkan sebagai pekerja konstruksi terbang ke Khost, tenggara ibukota Kabul, ketika helikopter Rusia Mi-8  mereka terpaksa mendarat di distrik bergolak Azra pada tanggal 21 April.

Ahad yang lalu, Taliban  membebaskan empat dari delapan insinyur Turki yang disandera bulan lalu setelah helikopter mereka jatuh di Afghanistan.

Tidak ada laporan mengenai sandera yang tersisa termasuk dua pilot dari Rusia dan Kyrgyzstan dan pilot nasional Afghanistan.

Sebelumnya, seminggu yang lalu, en.haberler.com melaporkan bahwa sumber diplomat Turki mengatakan, Rabu (8/5) di Ankara, bahwa nasib warga Turki yang disandera oleh pasukan Taliban di Afghanistan berada dalam kesehatan yang baik.

“Upaya Turki, baik dengan para pejabat Afghanistan dan tokoh lokal, untuk menjamin pembebasan para sandera sedang berlangsung,” kata diplomat, yang berbicara kepada Today Zaman pada kondisi anonimitas (dirahasiakan namanya), “Para insinyur Turki berada dalam kesehatan yang baik.” (T/P09/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

 

Leave a Reply