TENTARA AS DAN NATO TEWAS DI AFGHANISTAN

Kabul, 26 Jumadil Akhir 1434/6 Mei 2013 (MINA) – Lima tentara Amerika Serikat (AS) dan dua tentara NATO tewas pada Sabtu (4/5), di dua wilayah terpisah Afghanistan, demikian laporan Khaama Press yang dikutip MINA.

Lima tentara AS tewas setelah terkena ledakan bom di jalanan kawasan distrik Maiwand, provinsi Kandahar selatan. Kemudian, koalisi melaporkan bahwa anggota layanan Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (International Security Assistance Force /ISAF), tewas menyusul terjadinya serangan di Afghanistan Utara.

Di Afghanistan Barat, setidaknya dua tentara NATO tewas dalam serangan yang dilakukan oleh tentara Afghanistan.

Dua anggota layanan Pasukan Bantuan Keamanan Internasional tewas ketika tentara Angkatan Darat Nasional Afghanistan berbalik melawan anggota layanan ISAF di Afghanistan Barat. Insiden ini sedang diselidiki,” ungkap pimpinan NATO dalam sebuah pernyataan.

Pernyataan itu tidak mengungkapkan informasi lebih lanjut mengenai lokasi tempat terjadinya insiden tersebut dan tentara dari negara mana yang tewas.

Sebaliknya, di hari yang sama seorang gadis remaja Afghanistan ditembak dan dibunuh pasukan AS di Provinsi Herat,  Afghanistan Barat. Pejabat lokal mengatakan insiden itu terjadi ketika pasukan AS menembaki warga sipil yang kemudian menewaskan gadis itu dan melukai tiga orang lainnya.

Sabtu (27/4), kelompok Taliban telah mengumumkan untuk meluncurkan serangan musim panas terhadap pasukan koalisi dan pasukan keamanan Afghanistan. Serangan ofensif musim panas Taliban tahun ini yang bernama operasi “Khalid bin Walid” telah berjanji untuk melakukan serangan insider di markas militer dan sasaranya lembaga diplomatik lainnya di seluruh negeri. (T/P09/P01).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply