TENTARA AS TEMBAK GADIS AFGHANISTAN

25 Jumadil Akhir 1434/5 May 2013 (MINA) – Seorang gadis remaja Afghanistan ditembak dan dibunuh pasukan AS di Provinsi Herat,  Afghanistan Barat.

Pejabat lokal mengatakan insiden itu terjadi pada Sabtu ketika pasukan AS itu menembaki warga sipil, menewaskan gadis itu dan melukai tiga orang lainnya seperti yang dilansir Pres TV dan dikutip MINA, Ahad (5/5).

Pada tanggal 28 April, pasukan pimpinan AS juga menewaskan sedikitnya empat warga sipil, di timur Afghanistan.

Direktur Dewan Pembangunan Provinsi, Malak Mohkam Khan, mengatakan, “Kejadian itu terjadi di provinsi Chaparhar, tentara AS menembaki orang yang bekerja di pertanian, termasuk dua anak di bawah umur”.

Pada tanggal 31 Januari, setidaknya tiga petani Afghanistan terluka oleh pasukan AS, setelah ditembaki di provinsi Kunar. 

Korban sipil telah lama menjadi sumber ketegangan antara pemerintah Afghanistan dan pasukan AS dan dapat meningkatkan sentimen anti-AS di Afghanistan. 

AS dan sekutunya memasuki perang di Afghanistan pada Oktober 2001 yang oleh Washington disebut perang melawan teror.

Namun, setelah lebih dari 11 tahun, pasukan AS dan sekutunya ternyata tidak mampu membangun keamanan di negara itu. Bahkan yang terjadi adalah pembunuhan demi pembunuhan terhadap warga sipil. (T/P015/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Rate this article!

Leave a Reply