TURKI DAN ISRAEL KEMBALI BAHAS KOMPENSASI

Tel Aviv, 26 Jumadil Akhir 1434/6 Mei 2013 (MINA) – Para pejabat Turki dan Israel akan bertemu kembali pada Senin (6/5) di Israel guna melanjutkan pembicaraan mengenai pembayaran kompensasi kepada para korban serangan terhadap armada bantuan kemanusiaan untuk Gaza, Freedom Flotilla pada 2010.

“Putaran kedua perundingan akan diadakan di Israel besok,” kata seorang sumber diplomat pada Ahad (5/5), seperti yang dilaporkan oleh Maan.

Pertemuan awal diadakan di Ankara pada 22 April lalu untuk membahas jumlah dan ketentuan pembayaran ganti rugi oleh Israel yang telah ditetapkan Turki sebagai syarat awal untuk menormalkan hubungan diplomatic kedua negara.

Pertemuan itu adalah tahap pertama dari proses perbaikan diplomatik yang akhirnya bisa mengembalikan hubungan bilateral antar mantan sekutu di Timur Tengah tersebut.

Pembicaraan pada Senin ini akan menjadikan Turki secara resmi mengunjungi Israel untuk pertama kalinya dalam tiga tahun sejak pasukan Israel melancarkan serangan yang menewaskan sembilan warga Turki tersebut.

Setelah perundingan pertama, Ankara mengatakan parameter awal dan kerangka kerja telah ditetapkan, tetapi jumlahnya masih akan dibahas.

Serangan di perairan internasional yang diakui secara sepihak oleh Israel, telah merusak hubungan kedua belah pihak. Ankara menuntut permintaan maaf resmi dan kompensasi bagi keluarga korban serangan tersebut, serta pencabutan blokade Israel terhadap Gaza.

Pembicaraan kompensasi akhirnya dimulai pada akhir Maret, setelah Israel permintaan maaf secara resmi ke Turki untuk memperbaiki hubungan bilateral keduanya. (T/P01/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply