TURKI TUTUP PINTU PERBATASAN SURIAH PASCA BOM

Hatay, Turki, 13 Rajab 1434/22 Mei 2013 (MINA) – Turki telah menutup pintu perbatasan dengan Suriah menyusul dua serangan bom mematikan di provinsi Hatay, sebelah selatan Turki.

“Kami mengamati dari dekat dan mengendalikan gerbang perbatasan antara Suriah dan Turki. Kami telah menutup pintu perbatasan Yayladagi setelah peristiwa menyedihkan di kota perbatasan Reyhanli untuk mencegah tersangka melarikan diri,” demikian pernyataan dari Menteri Bea Cukai Turki Hayat Yazici pada Selasa.

Gerbang Yayladagi, yang terletak sekitar 90 kilometer (55 mil) dari Reyhanli, tetap akan ditutup setidaknya satu bulan untuk mencegah mereka yang terlibat dalam pemboman 11 Mei melarikan diri.

Menurut laporan Press Tv dan dipantau oleh MINA, Ankara mengatakan bahwa Damaskus bertanggung jawab dibalik pemboman yang menewaskan lebih dari 50 orang.

Tapi Damaskus balik mengatakan Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan bertanggung jawab atas serangan, Damaskus mencatat bahwa Ankara telah memfasilitasi aliran senjata, bahan peledak, kendaraan, militan dan uang melwati gerbang perbatasan ke negara Arab.

Damaskus juga menyatakan bahwa Turki telah merencanakan serangan untuk menggunakannya sebagai dalih untuk membenarkan intervensi asing di Suriah.

Pada bulan Februari lalu terjadi pengeboman, setidaknya 14 orang tewas dalam pemboman di Cilvegozu perbatasan gerbang dekat Reyhanli. (T/P05/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply