WARGA KASHMIR DESAK PBB SELIDIKI 7.000 KUBURAN TANPA NAMA

Kashmir, 1 Rajab 1434/10 Mei 2013 (MINA) – Puluhan aktivis dari Konferensi Hurriyat berunjuk rasa di Kashmir, Jumat (10/5), mendesak PBB untuk memantau dan menyelidiki pelanggaran hak asasi manusia di wilayah Himalaya di mana ditemukan 7.000 kuburan tanpa nama, Press TV melaporkan yang dikutip MINA.

Tanggal 6 Mei, Sajjad Haider Karim, anggota dari Parlemen Eropa, menyerukan penyelidikan atas masalah di mana lebih dari 7.000 kuburan tanpa tanda telah ditemukan di pusat Kashmir, Kabupaten Budgam dan Srinagar.

Sementara Mirwaiz Umar Farooq, anggota dari Konferensi Hurriyat, mengatakan bahwa lebih dari 9.500 orang Kashmir hilang selama 16 tahun.

“Kami memiliki data lebih dari 9.500 orang hilang selama 16 tahun terakhir. Kami memiliki lebih dari 5.000 kuburan tanpa tanda. Kami yakin bahwa ada pertanggungjawaban,” kata Farooq.

Selain itu, kelompok hak asasi manusia mengatakan bahwa sekitar 8.000 orang menjadi sasaran penghilangan paksa oleh pasukan tentara India selama konflik dua dekade terakhir.

“Kenyataannya tetap bahwa apa yang terjadi di lapangan, apa yang polisi lakukan, apa yang pasukan militer lakukan, apa yang dilakukan tentara tidak diberitahu kepada dunia,” kata Farooq.

Dewan Hak Asasi Manusia PBB dan Amnesty International serta organisasi hak-hak kemanusiaan lainnya, serta kerabat dari orang yang hilang telah berulang kali mengkritik India atas catatan hak asasi manusia yang buruk di wilayah Kashmir.

“Pemerintah India dan partai politik India melakukannya untuk kepentingan politik mereka sendiri, mereka mencoba untuk menggambarkan Kashmir hanya dalam konteks Pakistan. Mereka mencoba memberikan gambaran kepada dunia dan apa pun yang terjadi di Kashmir adalah karena Pakistan,” Farooq menyimpulkan.

Konferensi Hurriyat yang terbentuk 10 Maret 1993 adalah sebuah front politik yang dibentuk sebagai aliansi dari 26 organisasi politik, sosial dan keagamaan di Kashmir. Ini dibentuk untuk mencapai hak penentuan nasib sendiri sesuai dengan Resolusi 47 Dewan Keamanan. Hurriyat berarti kebebasan. (T/P09/R2).

Mi’raj News Agncy (MINA).

Leave a Reply