TENTARA ISRAEL CULIK WARGA PALESTINA DI TEPI BARAT

Hebron, 14 Rajab 1434/23 Mei 2013 (MINA) – Tentara Israel menculik lima warga Palestina di Jenin, sebelah utara Tepi Barat dan tiga warga Palestina di kota Doura, dekat kota Hebron, sebelah selatan Tepi Barat, serta dua anak di Kota Tua Al-Quds (Yerusalem), kata sumber-sumber setempat pada Kamis (23/5).

Dua bersaudara yang bernama Ahmad dan Ali Nihad Talahma dari kota Khasra, sebelah barat daya Hebron, diculik tentara Israel di kota dekat Doura, Pusat media timur tengah (International Middle East Media Center/IMEMC) melaporkan.

Tentara juga memasang penghalang jalan di jalan utama daerah Zeef, juga diantara kota Yatta dan As-Samoa’, selatan Hebron, dan di daerah Yaqeen, sebelah timur Hebron, mereka memberhentikan dan menggeledah puluhan kendaraan serta menginterogasi warga.

Di kota Al-Quds, tentara dan polisi menculik dua anak dari Sekolah yatim di Kota Tua itu, dengan dalih mereka memukul para pemukim ilegal Yahudi pada Rabu kemarin (22/5). Kedua anak yang diculik itu bernama Mohammad Maz’aro (13) dan Hamzah Abu Diab (13).

Selain itu, pada hari yang sama, tentara Israel juga menculik dua belas siswa dari sekolah tersebut, mereka dibawa paksa ke fasilitas interogasi Israel.

Tentara juga menyerang beberapa daerah di Tepi Barat dan menggeledah puluhan rumah hingga menyebabkan kerusakan barang-barang di dalamnya, di mana penggeledahan terhadap rumah warga terjadi setiap harinya di Palestina.

Penangkapan setiap hari terjadi terhadap warga Palestina merupakan pelanggaran Israel  atas kesepakatn gencatan senjata pada November 2012 lalu. Kekerasan serupa meningkat seiring terjadinya penggeledahan rumah-rumah warga  serta properti mereka di Tepi Barat yang diduduki, termasuk Al-Quds Timur.

4900 Tahanan Palestina di Penjara Israel

Sejak Israel memulai penjajahannya di tanah Palestina pada tahun 1948, lebih dari 750.000 warga Palestina telah ditahan. Jumlah itu mewakili sekitar 20 persen dari jumlah total penduduk Palestina saat ini di Wilayah Penjajahan. Jumlah itu juga mewakili sekitar 40 persen laki-laki yang ditahan dari total penduduk di wilayah-wilayah Palestina yang dijajah Israel.

Menurut Laporan Lembaga Hak Asasi Manusia dan Urusan Tahanan Palestina, Addameer, pada tahun ini jumlah total tahanan Palestina yang berada di penjara-penjara Israel sekitar 4900 orang. (T/P03/P02)

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply