DENMARK JANJIKAN 100 JUTA DOLAR BANTU AFGHANISTAN

Kopenhagen, 2 Muharram 1435/6 November 2013 (MINA) – Pemerintah Denmark menjanjikan 100 juta dolar bantuan tahunan ke Afghanistan untuk jangka waktu lima tahun.

Menteri Kerjasama Pembangunan Denmark, Christian Friis Bach mengumumkan paket bantuan dalam pertemuannya dengan Gubernur Helmand, Mohammad Naeem.

Friss mengatakan, sebagian besar dari bantuan itu akan dibelanjakan untuk penyuluhan, dana keamanan, pertanian, dan proyek hak-hak perempuan di Afghanistan, Khaama press melaporkan yang dikutip Mi’raj News Agency (MINA).

Dia juga menjanjikan komitmen jangka panjang Denmark pada Afghanistan dan mengatakan bahwa Afghanistan adalah teman dekat dan sekutu Denmark.

Friis Bach tiba ke Afghanistan dalam kunjungan mendadak pada Senin (4/11), ia mengunjungi sebuah pameran pertanian dan bersumpah untuk mendukung sektor pertanian Provinsi Helmand.

Sebelumnya, Sekelompok para pemimpin kelompok militan Taliban baru-baru ini bertemu di Islamabad untuk membahas situasi politik Afghanistan dan pembicaraan perdamaian Afghanistan.

Seorang penasehat senior dalam istana kepresidenan Afghanistan mengatakan, pertemuan para pemimpin senior Taliban adalah perkembangan positif.

“Ini langkah baik untuk bersama-sama dalam mencari solusi pada peundingan perdamaian,” kata seorang pejabat. (T/P013/P02)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply