DUBES SUDAN : UMAT ISLAM INDONESIA BERPOTENSI PIMPIN DUNIA

Bandar Lampung, 15 Muharram 1435/19 November 2013 (MINA) – Duta Besar (Dubes) Sudan untuk Indonesia Abd al-Rahim Al-Siddiq mengatakan, umat Islam Indonesia memiliki potensi memimpin dunia.

Dubes  al-Siddiq mengatakan pada Peresmian Grand Launching dan Kuliah Perdana Shuffah Al-Quran Abdullah bin Mas’ud Online (SQ-ABM) di Kompleks Pesantren Al-Fatah Muhajirun, Negararatu, Natar, Lampung Selatan, Selasa (19/11).

Menurutnya, pengaruh pemimpin dan tokoh di kalangan umat Islam Indonesia menjadi potensi utama yang dapat dikembangkan untuk memimpin dunia Islam.

“Di Indonesia Islam berkembang karena pemimpin umat, sedangkan di negara-negara lain pada umumnya karena kebijakan pemerintahannya,” ujarnya, di hadapan ribuan jamaah yang menhadiri acara itu.

Potensi itu akan semakin kuat dan kokoh manakala disatukan dengan kekuatan Al-Quran sebagai pedoman hidup umat Islam, tambahnya.

“Nabi Muhammad dan para sahabat terdahulu memimpin kejayaan Islam karena menjadikan Al-Quran sebagai pedoman hidupnya,” tegas Al-Siddiq.

Ia menambahkan, kondisi kemunduran dan perpecahan umat Islam saat ini terjadi karena mereka meninggalkan Al-Quran dan As-Sunnah.

Pada kesempatan itu, Dubes Sudan secara simbolis memberikan kitab-kitab tafsir berbahasa Arab untuk melengkapi pustaka Shuffah Al-Quran Abdullah bin Mas’ud Online (SQ-ABM). Selain itu, dubes juga memberikan beasiswa kepada lulusan Pesantren Al-Fatah yang akan melanjutkan kuliah ke Sudan.

Hadir pada Grand Launching SQ-ABM, Sekretaris Duta Besar Palestina untuk Indonesia Neil Mahmoud, Kepala Sub Direktorat Diniyah dan Pondok Pesantren Dr. Mamat Salamat Burhanudin, Staf Ahli Bidang Revitalisasi Industri Kementerian Kehutanan Dr. Ir. Bejo Sansoto,M.Sc., Asisten III Bidang Kesra Gubernuran Provinsi Lampung Hj. Elya Muchtar, General Manager Telkom Lampung Ir. Muchlis, serta para tokoh, alim ulama, pejabat setempat, media massa dan masyarakat sekitar pesantren.  (L/P04/P06/K01/R1).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply