DUBES: UNI EROPA AKAN TINGKATKAN BANTUAN KE MESIR

James Moran (Foto: Al-masry Al-Youm)

Kairo, 21 Muharram 1435/25 November 2013 (MINA) – Duta Besar Uni Eropa untuk Mesir, James Moran mengatakan, badan perwakilannya akan terus memberikan bantuan kepada Mesir, tanpa penundaan apapun. 

“Tidak akan ada penangguhan program bantuan dan bantuan akan diumumkan ke depannya. Kami tidak akan menghentikan program bantuan, tapi akan meningkatkannya,” katanya sebagaimana dikutip Egypt Independent dan diberitakan MINA (Mi’raj News Agency), Senin (25/11).

Moran menyatakan proyek-proyek bantuan Uni Eropa di Mesir mencapai satu miliar poundsterling, menambahkan bantuan itu lebih banyak diarahkan untuk kesehatan, pendidikan dan energi serta bidang lainnya.

Moran mengatakan kepada harian Mesir Al-Masry Al-Youm, Uni Eropa berkomunikasi dengan pihak pemerintah sementara maupun koalisi nasional pendukung Mursi, menekankan pada perlunya partisipasi semua orang dalam proses politik untuk mencapai stabilitas dan demokrasi.

Perwakilan Uni Eropa itu juga mengatakan, jika Mesir ingin kembali ke rezim militer, itu urusan mereka, tetapi siapapun yang memimpin haruslah orang yang menghargai nilai-nilai demokrasi sipil.

Moran menekankan dukungan Uni Eropa terhadap pemerintahan kudeta Mesir serta menyatakan dalam banyak kesempatan dan pernyataan Uni Eropa telah berkomunikasi sejak awal dengan pemerintahan sementara Mesir. Pihaknya juga mengatakan, penggulingan presiden Mursi adalah ‘kehendak rakyat’.

Namun, dirinya mengatakan, Eropa mengharapkan Ikhwanul Muslimin untuk kembali terlibat dalam proses politik di masa depan Mesir juga bisa berpartisipasi dalam pemilu, karena partisipasi semua pihak adalah cara terbaik bagi negara untuk menerapkan proses demokrasi dalam rangka mencapai stabilitas dan keamanan.

Mesir dilanda konflik internal sejak pemerintahan yang didukung militer menggulingkan presiden terpilih secara demokrasi pertama di Mesir, Muhammad Mursi, pada 3 Juli lalu, dan meninggalkan negara piramid itu dalam demonstrasi harian dari organisasi-organisasi penentang kudeta yang masih berlangsung sampai hari ini.(T/P03/P02)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply