IHSANOGLU PIMPIN DELEGASI OKI KE MYANMAR

Jakarta, 7 Muharam 1435/11 November 2013 (MINA) – Sekretaris Jenderal Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), Ekmeleddin Ihsanoglu akan mengunjungi Myanmar untuk memimpin pertemuan Dewan Menteri Luar Negeri OKI pada Selasa besok.

Kunjungan ke Myanmar itu mencakup tujuh menteri luar negeri dan pejabat senior dari negara-negara anggota OKI.

Delegasi OKI akan bertemu dengan pejabat pemerintah serta para pemimpin politik dan anggota parlemen dari komunitas mayoritas Budha dan minoritas Muslim Rohingya, menurut sumber-sumber OKI seperti dilansir IINA dan diberitakan Mi’raj News Agency (MINA). 

Delegasi itu juga akan melakukan kunjungan lapangan ke daerah kerusuhan dan mengambil stok kondisi hidup dari minoritas Muslim Rohingya. 

Ihsangolu mengatakan, masalah Muslim Rohingya merupakan salah satu isu utama yang menjadi prioritas utama selama sembilan tahun sebagai sekjen OKI dengan57 anggota. Kunjungan itu adalah pertama kalinya Ihsanoglu ke Myanmar.

Sidang Komisi Permanen Independen HAM OKI (IPHRC) sesi ketiga yang menyimpulkan bulan lalu di Jeddah, memutuskan untuk mengirim misi pencari fakta ke Myanmar pada pertengahan November untuk memiliki penilaian lapangan dari situasi Muslim Rohingya yang berada di bawah penindasan oleh mayoritas komunitas Budha.(T/P08)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply