ISRAEL LUKAI 17 WARGA SIPIL DALAM PROTES NON-KEKERASAN

Gaza, 14 Muharram 1435/18 November 2013 (MINA) –  Israel menembak dan melukai 17 warga sipil dalam protes non-kekerasan.

Di antara mereka yang terluka adalah anak-anak dan wartawan yang hadir selama protes berlangsung oleh sejumlah komunitas di Tepi Barat.

Empat belas warga di antaranya enam anak dan seorang wartawan terluka  ketika tentara menyerang protes mingguan di desa Tepi Barat utara Kufer Kadum.  Pasukan menyerang pengunjuk rasa di pintu masuk desa.

Mereka terkena peluru karet berlapis baja yang ditembakkan oleh tentara Israel. Protes diselenggarakan di desa Bil’in, al-Nabi Saleh dan Nil’in.

Warga dari Bil’in dan pendukung internasional berhasil mencapai tembokIsrael sebelum mereka diserang oleh tentara Israel.  Menurut laporan IMEMC dikutip Mi’raj News Agency (MINA).

Sementara pasukan Israel menyerang protes di al-Nabil Saleh dan kemudian menyerang rumah warga dengan menembakkan gas air mata, mereka dirawat karena efek menghirupnya.

Sebelumnya pada Jumat pagi di Tepi Barat pusat, aktivis lokal berhasil menghancurkan bagian dinding Israel dekat desa Bier Nibala.

Pengadilan Internasional Kehakiman tahun 2004 menyatakan dinding Israel dibangun di sekitar Tepi Barat sebagai illegal dan itu harus dihancurkan.  Di tempat lain, di desa ma’ssara, pasukan Israel menghentikan aksi protes penduduk desa, memaksa mereka untuk kembali, tidak ada cedera dalam insiden ini. (T/P013/R2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

Leave a Reply