ISRAEL SITA TANAH PALESTINA DEKAT NABLUS

Gaza, 13 Muharram 1435/17 November 2013 (MINA) – Pendudukan Israel mengumumkan keputusan untuk menyita tanah Palestina antara desa Za’tara dan Osarin selatan Nablus.

Angggota dewan desa Ahmad Snobar mengatakan bahwa secara resmi pendudukan Israel menginformasikan akan menyita tanah itu. Puluhan desa termasuk desa dari Yatma, Osran, dan Qabalah yang akan disita Israel.

Snobar menambahkan bahwa seorang petugas pemerintah sipil Israel akan tiba di daerah itu hari Senin antara pukul 10 pagi untuk menyita tanah.  Menurut laporan Alray dikutip Mi’raj News Agency (MINA).

Wilayah Palestina yang diakui secara internasional, Tepi Barat dan Yerusalem merupakan bagian yang telah diduduki oleh militer Israel sejak 1967.

Dalam laporan terkait, pada September lalu Sebuah dokumen menyebutkan bahwa Organisasi Zionis Dunia (World Zionist Organization/WZO) telah mengalokasikan lebih dari 5.000 dunam atau sekitar 1.235 hektar dari tanah warga Palestina di Lembah Yordan yang berlokasi sebelah timur dari perbatasan dengan Kerajaan Yordania untuk pemukim Israel, lapor Haaretz.

Daerah yang berada di antara perbatasan saat ini dan perbatasan yang sebenarnya, yakni Sungai Yordan dijadikan zona militer tertutup yang melarang warga Palestina yang memiliki lahan tersebut melintas. Namun di sisi lain, pemukim Yahudi diperbolehkan menggunakan tanah tersebut untuk bercocok tanam.

Koordinator kegiatan pemerintah Israel di kawasan tersebut, Mayjen. Eitan Dangot, telah menginstruksikan bahwa semua orang Palestina yang meminta kompensasi atas tanah mereka harus ke Administrasi Sipil, lapor kantor berita berbasis Gaza. (T/P013/R2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply