KOMIK MARVEL LUNCURKAN SUPERHERO MUSLIM PEREMPUAN

New York, 3 Muharram 1434/7 November 2013 (MINA) – Komik Marvel di New York Amerika memperkenalkan seorang superhero baru, seorang gadis Muslim Amerika (16) bernama Kamala Khan, untuk mencerminkan tumbuhnya keragaman bagi pembacanya.

Karakter baru dengan nama superhero Ms Marvel, tinggal bersama orang tua Pakistan konservatif dan kakaknya di negara bagian New Jersey, Al Jazeera melaporkan yang diberitakan Mi’raj News Agency (MINA), Kamis (7/11).

Dia akan memulai debutnya pada bulan Januari dan muncul dalam rangkaian bulanan mulai pada 6 Februari.

“Hal ini sangat penting bahwa kita menceritakan kisah yang mencerminkan dunia selalu berubah bahwa kita hidup di dan menjadi seorang Muslim Amerika,” kata Sana Amanat, editor seri, yang juga bekerja pada buku komik Spider-Man Ultimate dan X-Men Ultimate.

Meskipun inspirasi untuk seri baru mendatang dari keinginan untuk menggali pengalaman Muslim Amerika, Amanat mengatakan itu bukan tentang apa artinya menjadi seorang Muslim, Pakistan atau Amerika.

“Ini adalah tentang seorang gadis muda yang mencari tahu siapa dia dan apa yang terjadi ketika hal-hal luar biasa terjadi padanya,” ia menambahkan dalam sebuah wawancara.

Tokoh Khan adalah seorang penggemar buku komik dan setelah dia menemukan kekuatan supernya, menjadi polimorf dan mampu memperpanjang lengan dan kakinya dan mengubah bentuk tubuhnya, dia mengambil nama Ms Marvel.

Ide untuk superhero baru berasal dari percakapan santai Amanat dengan editor seniornya, Steve Wacker, tentang pengalamannya sendiri yang tumbuh sebagai seorang Muslim Amerika.

“Dia tertarik pada dilema yang saya hadapi sebagai seorang gadis muda dan keesokan harinya ia datang dan berkata, ‘Bukankah menjadi besar untuk memiliki superhero untuk semua gadis kecil yang tumbuh seperti kamu, dan siapa pun yang tumbuh dewasa seperti kamu hari ini, dan untuk menciptakan agar karakter mereka dapat terinspirasi’,” kata Amanat.

Penulis G Willow Wilson, seorang mualaf Islam, dan artis Adrian Alphona adalah tim yang bekerja pada proyek itu, yang dimulai sekitar 18 bulan yang lalu.

Wilson mengatakan ia menulis karakter sebagai kehidupan nyata seseorang sehingga orang, terutama perempuan muda, bisa berhubungan dengannya.

Khan mengalami kecemasan umum seorang remaja, perasaan bingung dan menjadi orang luar, berurusan dengan harapan orang tuanya dan masalah di sekolah tinggi.

“Ini untuk semua gadis pecandu di luar sana, dan orang lain yang pernah melihat kehidupan di pinggiran,” kata Wilson dalam sebuah pernyataan.

Khan bukan karakter pertama Muslim Amerika di dunia superhero, yang sebagian besar telah didominasi oleh laki-laki kulit putih, tapi kata Amanat, Khan didorong ke garis depan alam semesta Marvel.

“Sebagian besar orang-orang menilai positif hal itu,” katanya, menambahkan bahwa tes yang sesungguhnya akan datang lebih awal tahun depan ketika seri dimulai. (T/P09/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)


 

 

 

Leave a Reply