MUSLIM BOSNIA LAYANI TIGA RIBU MAKANAN TANDAI HARI ASYURA

Sarajevo, 11 Muharram 1435/15 November 2013 (MINA) – Muslim Bosnia telah berbagi tiga ribu makanan untuk masyarakat Sarajevo menandai hari Asyuro.

“Dalam Islam hari ini adalah hari memperingati nabi, bukan satu nabi yang kita percayai tapi semua nabi Allah,” kata Muris Hadzibascausevic, wakil dari masyarakat Muslim di Bosnia dan Herzegovina.

Acara ini diselenggarakan oleh Dewan Antar agama di Bosnia, Herzegovina dan penerbitan Hikmet.  Anggota tersebut berbagi makanan tradisional untuk pejalan kaki yang melewati depan Katedral di Sarajevo.

Mereka menawarkan 3000 makanan dan 6000 makananlain direncanakan di kota-kota lain di Negara ini.

Menurut dewan, acara ini digelar untuk mengirim pesan perdamaian, kemanusiaan, dialog, toleransi, pengertian, solidaritas, cinta dan persaudaraan antara anggota dari berbagai agma dan masyarakat di Bosnia dan Herzegovina.

“Hal ini menyatukan empat gereja tradisional dan agama di Bosnia dan Herzegovina,” kata imam dari gereja ortodoks di Sarajevo Vanja Jovanic.

Ada pahala besar dari puasa di hari asyura,  orang-orang yahudi melaksanakan shaum Asyura pada setiap tahunnya tanggal 10 Muharram.  Mereka menjadikan hari itu sebagai hari raya.

Hari Asyura merupakan di mana nabi Musa ‘Alaihis Salam dan pengikutnya diselamatkan oleh Allah dari kejaran Fir’aun di laut Merah.

Rasulullah menyebut hari Asyura adalah di mana umat Islam lebih berhak untuk memanfaatkan momen penting di dalamnya untuk beribadah.

Acara ini juga diperingati di Negara-negara Muslim lainnya, termasuk Turki dan Mesir. (T/P013/R2).

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

 

Leave a Reply