MUSLIM NIGERIA DESAK LIBUR TAHUN BARU HIJRIYAH

Abuja-Nigeria, 3 Muharam 1435/17 November 2013 (MINA ) – Beberapa kelompok Islam di Nigeria mendesak pemerintah agar menetapkan awal Tahun Baru Hijriyah tanggal 1 Muharram sebagai hari libur nasional.

Melalui surat resmi seperti diberitakan On-Islam, muslim Nigeria mendesak pemerintah untuk memenuhi hak-hak yang sama bagi semua warganya.

“Tanggal satu Muharram jadikan hari libur seperti satu Januari, kami minta pemerintah sama-sama menyatakan seperti itu untuk kepentingan kerukunan beragama di negeri ini,” ujar Abdurrahman Balogun, Ketua Media Muslim Nigeria, sepeti dikutip Mi’raj News Agency (MINA).

Beberapa kelompok Islam yang mengajukan desakan kepada pemerintah di antaranya Forum Konsultasi Muslim, Media Muslim Nigeria, Asosiasi Lulusan Universitas Obafemi Awolowo dan Gerakan Penyadaran Budaya Islam. Kelompok pemuda muslim juga ikut menandatangani permintaan tersebut, seperti  Dewan Nasional Pemuda Muslim, Mahasiswa Muslim Nigeria, Komunitas Muslim Oyo dan Lembaga Kepedulian Hak Muslim.

“Penetapan tanggal satu Muharram sebagai hari libur nasional di Nigeria merupakan gagasan yang tepat, dan ini sudah saatnya,” kata Disu Kamor, Ketua Eksekutif Pusat Informasi Publik Muslim Nigeria.

“Ini sebagai bentuk perhatian pemerintah, seperti diberlakukan dengan cara yang sama pada tahun baru komunitas agama lain, dan hari libur nasional sudah biasa digunakan,” papar Kamor .

Menurutnya, esensi libur satu Muharram bukan hanya karena bulan pertama pada kalender Islam. Akan tetapi semangat hijrah menuju peradaban lebih baik dari era penganiayaan menuju era perdamaian.

“Khalifah Umar dan sahabat lainnya menetapkan hijrah sebagai awal kalender sangat tepat, sebab tidak ada tindakan yang begitu mendalam , srategis, dan signifikan dalam perjuangan umat Islam lebih dari Hijrah,” imbuhnya.

Sementara itu, Presiden Dewan Nasional Organisasi Pemuda Muslim, Kamaldeen Akintunde mengatakan kepada Anadolu, pemerintah akan bertindak adil jika menjadikan tanggal tersebut sebagai hari libur nasional.

“Kami sangat memohon Presiden untuk memperhatikan ini sebagai bentuk kasih sayang bagi seluruh kaum muslimin,” tandasnya.

Menurutnya, beberapa negara bagian di Nigeria sudah menikmati hari libur Muharram, yaitu utara Nigeria seperti Kano, Sokoto dan Zamfara.

Nigeria Barat Daya, Osun juga menyatakan awal tahun baru Hijriah sebagai hari libur umum untuk pertama kalinya .

Walaupun media setempat sempat menyebutkan pmberlakuan itu sebagai upaya mengislamkan negara.

Menurut Undang-Undang Hari Libur bagi Publik Bab 378 dinyatakan, presiden dan gubernur negara bagian memiliki wewenang untuk memberlakukan libur jika diperlukan. (T/R1).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply