MUSLIMAH AUSTRALIA KEMBANGKAN KOMUNIKASI LEWAT OLAHRAGA

Sydney, 23 Muharram 1435/27 November 2013 (MINA) – Muslimah Australia mengembangkan komunikasi melalui kegiatan olahraga dengan tetap mengenakan jilbab.

Seorang anggota kegiatan olahraga muslimah Shegofa Hassani mengatakan, bermain olahraga bagi kaum muslimah bukan hanya tentang latihan kebugaran fisik. Tetapi juga sekaligus latihan mengembangkan komunikasi dengan sesama tim.

“Melalui olahraga kita dapat meningkatkan kebugaran dan keterampilan lain seperti komunikasi, kepemimpinan dan keyakinan, yang diperlukan dalam kehdupan,” kata Hassani kepada media setempat SBS pada Rabu (27/11) seperti dikutip Mi’raj News Agency (MINA).

“Pada awalnya, kegiatan muslimah berjilbab yang berolahraga belum mendapat dukungan masyarakat setempat. Tetapi setelah berjalan lima tahun, saya dapat menyalurkan hobi saya bermain olahraga voli,’ ujar pendatang asal Afghanistan itu, di antara 150 anggota klub muslim dan nonmuslim.

Anggota klub olahraga muslimah lainnya, Ayse Akca merasa senang, untuk pertama kalinya ia bermain olahraga.

“Seusai sekolah saya aktif mengikuti kegiatan olahraga bersama muslimah lainnya,” katanya.

Koordinator kegiatan Assmaah Helal mengatakan, peserta muslimah tidak perlu khawatir di arena olahraga karena pengunjung laki-laki tidak dibolehkan masuk ke arena itu.

Ia menambahkan, dengan olahraga terbatas itu, peserta muslimah merasa lebih nyaman dengan mengenakan pakaian olahraga yang dikenakannya.

Menurutnya, olahraga dipandang sebagai arena yang lebih didominasi kaum laki-laki, sehingga kebijakan setempat tidak terlalu mendorong kaum wanita apalagi yang sudah berkeluarga untuk ambil bagian dalam olahraga.

Sebagai seorang muslimah Australia, Ayse Akca kini menemukan kegiatan olahraga, dapat berkumpul dan bersenang-senang dengan muslimah lainnya tanpa perlu khawatir terganggu.

Islam di Australia merupakan kelompok agama terbesar keempat, setelah Kristen, Ateis, dan Buddha. Menurut sensus 2006, sekitar 340.392 orang atau 1.71 persen dari penduduk Australia adalah Muslim.(T/R1/P02).

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply