PEMUDA INTIFADAH PALESTINA BERENCANA HENTIKAN BLOKADE GAZA

Gaza City, 22 Muharram 1435/26 November 2013 (MINA) – Lebih dari 200 pemuda Intifadah Palestina mengatakan berencana mengakhiri blokade penjajah Israel atas Jalur Gaza mulai dari pelabuhan mereka.

Kumpulan anggota yang tergabung dalam Koalisi Pemuda Intifadah Palestina, termasuk aktivis dan jurnalis asing sedang mempersiapkan diri untuk menerobos pembatas sejauh enam mil laut yang diberlakukan penjajah Israel atas nelayan Gaza.

Mereka akan melakukan aksi tersebut pada Jum’at (29/11) mendatang, di mana hari tersebut bertepatan dengan hari solidaritas internasional untuk rakyat Palestina, media Palestina Alray yang dikutip MINA (Mi’raj News Agency) melaporkan.

Para pemuda itu akan berada di atas 17 kapal guna mengirim pesan ‘yang kuat dan mengesankan’ ke seluruh dunia di mana rakyat Palestina berpegang teguh pada hak-hak mereka untuk hidup normal, tambah media itu.

Koalisi juga menyerukan intifadah kemanusiaan untuk ikut berperan mengakhiri pengepungan yang diberlakukan penjajah Israel atas Jalur Gaza, salah satunya dengan mengirimkan aktivis untuk bergabung dengan mereka, tutup Alray.

Pada Oktober lalu, gerakan tersebut melakukan aksi yang sama guna menghentikan keputusan kejam penjajah Israel yang melakukan pengepungan ke area kecil Palestina dari semua arah, termasuk pemberlakukan melaut bagi warga Gaza yang hanya enam mil saja. Bahkan, sebelumnya  mereka sempat menetapkan hanya tiga mil saja.

Pada kesepakatan Oslo, penjajah Israel memberlakukan 20 mil laut bagi nelayan Palestina, namun secara sepihak mengurangi hukum yang mereka buat dan hanya membatasi enam mil saja. Jika lewat dari batas itu, maka mereka akan menembaki warga Gaza.(T/P03/P02)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Leave a Reply